HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN I TERARA LOMBOK TIMUR

Baiq Mahyatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perhatian orangtua siswa yang bekerja sebagai PNS dan non PNS terhadap anaknya, 2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa, 3) Menguji hubungan perhatian orangtua dengan motivasi belajar siswa, 4) Menguji perbedaan perhatian orangtua terhadap anaknya, 5) Menguji perbedaan motivasi belajar siswa yang orangtuanya bekerja sebagai PNS dan non PNS.

 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif.  Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner tentang perhatian orangtua siswa dan motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik non-parametrik. Teknik pengolahan data dengan menggunakan persentase, korelasi dan uji beda.

 

Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perhatian orangtua yang  PNS cenderung tinggi, 2) Motivasi belajar siswa yang orangtuanya PNS cenderung tinggi,  3) Terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian dengan motivasi belajar siswa, 4) Terdapatnya perbedaan perhatian orangtua yang PNS dan non PNS, dimana perbedaan tersebut sangat sedikit, 5) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang orangtuanya PNS lebih termotivasi dalam belajar dibandingkan dengan siswa yang orangtuanya non PNS. Berdasarkan hasil penelitian menjadi bahan dalam pembuatan program bimbingan dan konseling.

 

Kata Kunci: Siswa, perhatian orang tua, motivasi belajar


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.