PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS VIII MTS NW LOYOK

Badrul Wajdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap  prestasi belajar siswa kelas VIII MTs NW Loyok pada materi alat-alat optik.

 

Penelitian ini merupakan Penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NW Loyok, sebanyak dua kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Satu kelas eksperimen dengan metode Snowball Throwing  dan satu kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Analisis data untuk uji hipotesis digunakan uji t.

 

Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang didapatkan diperoleh nilai thitung sebesar  2,10 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,684. Kriteria pengujian adalah jika thitung < tTabel  maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sebaliknya jika thitung tTabel  maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan diperoleh thitung > tTabel, yaitu  2,10 > 1,684, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar siswa pada materi alat-alat optik kelas VIII MTs NW  Loyok.

                                                 

Kata Kunci : Snowball Throwing, Prestasi belajar, Alat-alat optik


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.