PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE STAD MENGGUNAKAN TEKNIK KARTU DAN PUZZLE SERTA KEMAMPUAN MEMORI TERHADAP HASILBELAJAR SISWA

Authors

  • Sitti Rohmi Djalilah

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v5i2.120

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan teknik puzzle dan teknik kartu  terhadap prestasi belajar kimia. (2) Pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kimia. (3) Interaksi antara metode pembelajaran kooperatif STAD dengan teknik puzzle dan teknik kartu dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar kimia. (4) Interaksi antara metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan teknik puzzle dan teknik kartu terhadap prestasi belajar kimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh kelas XII Ilmu Alam SMA Negeri 1 Selong , sejumlah 5 kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 2 kelas. Teknik pengumpulan data variabel  prestasi belajar kognitif digunakan metode tes, Variabel Kemampuan memori  dan Interaksi sosial  metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan sel tak sama.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan teknik puzzle dan teknik kartu terhadap prestasi belajar kimia. (2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran kooperatif STAD dengan menggunakan teknik puzzle dan teknik kartu  terhadap prestasi belajar kimia. (4) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik puzzle dan teknik kartu, dan kemampuan memori terhadap prestasi belajar kimia.

 

Kata kunci: STAD, Teknik Puzzle, Teknik Kartu, Kemampuan Memori

Published

2010-12-07

How to Cite

Djalilah, S. R. (2010). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE STAD MENGGUNAKAN TEKNIK KARTU DAN PUZZLE SERTA KEMAMPUAN MEMORI TERHADAP HASILBELAJAR SISWA. Educatio, 5(2), 43–53. https://doi.org/10.29408/edc.v5i2.120

Issue

Section

Artikel