PERBANDINGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN PROBLEM POSSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA NAHDLATUL WATHAN (NW) NARMADA

Authors

  • Neny Endriana

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v5i2.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended, problem posing, dan konvensional dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa SMA/MA NW Narmada; 2) menyelidiki perbandingan keefektifan pendekatan open-ended dan problem posing dengan konvensional dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika siswa SMA/MA NW Narmada; 3) menyelidiki perbandingan keefektifan pendekatan open-ended dengan problem posing dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika siswa SMA/MA NW Narmada. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA/MA NW Narmada. Dari populasi yang ada diambil dua sekolah secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan open ended, problem posing, dan konvensional dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri efektif ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan motivasi belajar siswa; 2) tidak terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara pendekatan open ended dan problem posing dibandingkan dengan konvensional dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa.

 

Kata Kunci : Pendekatan Open-Ended, Pendekatan Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika, dan Motivasi Belajar Siswa.

Published

2010-12-07

Issue

Section

Artikel