PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 02 KORLEKO

Authors

  • Rohini Rohini

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v5i2.122

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh penggunaan media gambar terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 02 Korleko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode eksperimen (Pre-Experimental) yang masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen, yang  terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyimpulan hasil penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil belajar siswa sebelum perlakuan (penggunaan media gambar) sebesar 60,34. Sedangkan, persentase hasil belajar siswa setelah perlakuan (penggunaan media gambar) sebesar 70,17.

 

Kata Kunci: Media gambar, hasil belajar, eksperimen.

Published

2010-12-07

How to Cite

Rohini, R. (2010). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 02 KORLEKO. Educatio, 5(2), 75–90. https://doi.org/10.29408/edc.v5i2.122

Issue

Section

Artikel