Survey Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12266Keywords:
Motivasi BelajarAbstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, dimana motivasi belajar sangat penting bagi siswa karena dari motivasi belajar dapat mempengaruhi kualitas serta hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data terdapat 34 siswa atau 94,4 % siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi serta terdapat 1 siswa atau 2,8 % yang memiliki motivasi rendah. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian survey yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu apa adanya dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil skala motivasi belajar yang dibagi menjadi empat kategori yaitu pada kategori sangat rendah berjumlah 0 siswa atau 0%, pada kategori rendah terdapat 1 siswa atau 2,8 % selanjutnya pada kategori tinggi terdapat 34 siswa atau 94,4% serta pada kategori sangat tinggi terdapat 1 siswa atau 2,8%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI SMK N 7 Semarang memiliki motivasi belajar pada kategori tinggiReferences
Bagja, Wahyu Sulfemi. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP KABUPATEN BOGOR. Jurnal Ilmia Edutecno. Vol 18. No 1. Hlm : 1 -12 .
Batubara, S. & N. R.R (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan kemandirian Belajar Siswa Kelas IX MTSN 28 Jakarta Pada Masa Pandemi. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 18, No 1. Hlm : 8 – 16. https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/1472/836 . (diakses pada 12 Maret 2023).
Dani, Hendra Saputra dkk. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. JURNAL INVOTEK. Vol 18. No 1. Hlm : 25 – 29. http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/168/47 (diakses pada 10 Maret 2023).
Emda, Anna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol 5. No 2. Hlm : 172-182. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064 (diakses pada 10 Maret 2023).
Ghufron, M.Nur dan Risnawati S, Rini. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Izzatunnisa, Lita dkk. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Dalam Proses Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan. Vol 9. No 2. Hlm : 7 – 14. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/811/628 (diakses pada 10 Maret 2023).
Jogiyanto.(2016). Metode Penelitian Survei Online Dengan Google Forms. Yogyakarta; Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).
Nitami, Mayrika, Daharnis & Yusri. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan proktasinasi akademik siswa. Jurnal Konselor. Vol 4. No 1. Hlm : 1- 12. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/6449/5099 (diakses pada 12 Maret 2023).
Sardiman .(2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono .(2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitattif dan RnD& D. Bandung: Tarsito Bandung
Tresnawati, Resi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2. No 2. Hlm : 27 – 35. https://www.neliti.com/publications/339266/eksperimentasi-model-pembelajaran-inkuiri-terbimbing-terhadap-pemahaman-konsep-m. (diakses pada 10 Maret 2023).
Winkel.(2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.