Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518Keywords:
Berkebinekaan Global, Profil Pelajar Pancasila, PPKnAbstract
Penguatan dimensi berkebinekaan global yang tercantum dalam profil pelajar Pancasila menjadi hal yang penting untuk mempertahankan identitas negara serta mencegah perpecahan akibat adanya rasa intoleransi. Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengambarkan penguatan dimensi berkebhinnekaan global melalui pembelajaran PPKn sebagai salah satu bagian dari enam dimensi dari profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan secara langsung melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin keterpercayaan data informasi-informasi yang diperoleh dari informan selanjutnya divalidasi dengan menggunakan triangulasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan pembelajaran PPKn memiliki peran strategis dalam penguatan dimensi berkebhinekaan global baik secara eksplisit maupun implisit. Penguatan berkebinekaan global melalui pembelajaran PPKn yaitu terdapat pada bagian 3 “Bhineka Tunggal Ika” di mana pada setiap unitnya mengintegrasikan elemen kunci berkebinekaan global yang meliputi kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, mengenal dan menghargai budaya, serta refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan dan merefleksikan penguatan profil pelajar Pancasila pada siswa khususnya saat pembelajaran PPKn.References
Alfiansyah, H. R., & Wangid, M. N. (2018). MUATAN PENDIDIKAN KEWARANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MEMBELAJARKAN CIVIC KNOWLEDGE, CIVIC SKILLS, DAN CIVIC DISPOSITION DI SEKOLAH DASAR. 6(2), 185–194.
Alif Okta Nabila, & Wulandari, M. D. (2022). Elemen Berkebhinnekaan Global Pada Buku Tematik Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 788–797. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2607
Armawinda, Y., Noviana, E., & Hermita, N. (2022). Analisis Sikap Toleransi Siswa Kelas Iv Sdn 130 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 84–91. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.35
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi Aiman Faiz 1 , Imas Kurniawaty 2. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Lestari, W. R. J. (2018). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Dilakukan di SD Negeri Mayak 1 Kecamatan Cibeber). Repository Unpas, 14, 1–15. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39145
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Murtadlo, M. (2021). Indeks Karakter Siswa Menurun: Refleksi Pembelajaran Masa Pandemi. In Litbang Diklat Press Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Departemen Agama RI. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-karakter-siswa-menurun-refleksi-pembelajaran-masa-pandemi
Najm Al Inu, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dan Di Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 259–267. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1383
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 12–17.
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Rahmayanti, E. (2017). Penguatan Wawasan Global Warga Negara du Era Disrupsi.
Ristek, K. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. As-Sabiqun, 4(1), 115–131. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1683
Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 6(1): 55-63., 2(5), 255. ???
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Setyowati, K., Arifin, I., Malang, U. N., Malang, U. N., & Malang, U. N. (2022). KISI-KISI DAN PRINSIP-PRINSIP PROFIL PELAJAR PANCASILA Kisi-Kisi dan Prinsip-Prinsip Profil Pelajar Pancasila. 5.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Syafi’i. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.
Widyanto, D. (2017). Pembelajaran toleransi dan keragaman dalam pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 3(November), 109–115.
Yulianti. (2021). Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 60–70.
Zakso, A., Agung, I., Susanto, A. B., & Calvin Capnary, M. (2021). The effect of strengthening character education on tolerance increasing and development of Pancasila students in border area: Case of West Kalimantan province. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(5), 232–248. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0136