PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL CTL DENGAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA REAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA

Indra Himayatul Asri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran biologi menggunakan model CTL dengan media gambar dan media riil, (2) Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, (3) Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah, (4) Interaksi antara penggunaan model CTL dengan media gambar dan media riil terhadap motivasi belajar siswa, (5) Interaksi antara penggunaan model CTL dengan media gambar dan media riil terhadap kemampuan awal siswa, (6) Interaksi antara motivasi belajar dan kemampuan awal siswa, dan (7) Interaksi antara penggunaan model CTL, motivasi belajar, dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2010/2011, sejumlah 6 kelas. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sejumlah 2 kelas. Teknik pengumpulan data variabel  prestasi belajar dan kemampuan awal digunakan metode tes, Variabel motivasi belajar dengan metode angket. Hipotesis yang digunakan adalah anava dengan desain faktorial 2 x 2 x 2.

 

Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran biologi menggunakan model CTL dengan media gambar dan media riil, (2) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, (3) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah, (4) Tidak ada interaksi antara penggunaan model CTL dengan media gambar dan media riil terhadap motivasi belajar siswa, (5) Ada interaksi antara penggunaan model CTL dengan media gambar dan media riil terhadap kemampuan awal siswa, (6) Ada interaksi antara motivasi belajar dan kemampuan awal siswa, dan (7) Tidak ada nteraksi antara penggunaan model CTL, motivasi belajar, dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci: Pembelajaran model CTL, Media Gambar, Media Riil, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar, Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.