EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI HAMZANWADI 1 PANCOR
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v7i2.131Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa Kelas IV MI Hamzanwadi 1 Pancor. Jenis penelitan ini adalah penelitan eksperimen semu (quasi eksperiment). Penelitian ini bertempat MA NW Pancor tahun pembelajaran 2012/2013 dan dilaksanakan pada bulan Agustus - Nopember 2012. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes-postes nonequivalen grup desain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis parametrik yaitu univariat dengan bantuan program Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 16.0. Teknik analisis ini digunakan untuk melihat pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis alat peraga. Untuk melakukan peramalan satu variabel jika variabel lain diketahui dan analisis yang umum digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,40. Nilai kesalahan (standar error) regresi adalah 4,67 dan jumlah observasi sebanyak 37, t hitung = 4,83 lebih besar dari t tabel = 2,021 maka Ho di tolak. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan antara prestasi sebelum diberikan perlakuan dengan setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan persamaan regresi y = 0,705 + 0,82 x dan koefisien determinasi R2 = 0,40, ini berarti bahwa sebesar 40 % penigkatan prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan dan selebihnya merupakan faktor lain.
Kata kunci: Pembelajaran RME, alat peraga, motivasi belajar