PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN CTL MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DAN KIT IPA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Tarpin Juanda

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CTL melalui media pembelajaran animasi dan KIT IPA ditinjau dari gaya belajar dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Masbagik tahun pelajaran 2010/2011, sejumlah tujuh kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas eksperimen I menggunakanmedia pembelajaran animasi dan satu kelas eksperimen II menggunakan media pembelajaranKIT IPA. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk ranah kognitif, observasi untuk ranah afektif dan angket untuk gaya belajar dan motivasi berprestasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2 x 2 x 2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi danKIT IPA terhadap prestasi belajar siswa. 2) Tidak terdapat pengaruh gaya belajar visual dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa.3) Tidak terdapat pengaruh motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa.4) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran animasi dan KIT IPA dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa.5) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran animasi dan KIT IPA dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa.6) Tidak terdapat interaksi antara gaya belajar dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa.7) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran animasi dan KIT IPA, gaya belajar, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci: CTL, Animasi, KIT IPA, Gaya Belajar, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar, Suhu dan Kalor




DOI: https://doi.org/10.29408/edc.v7i2.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.