Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Digital Citizenship yang Kritis

Authors

  • Ni Nyoman Putri Nursanti Universitas Negeri Jakarta
  • Handayani Handayani Universitas Negeri Jakarta
  • Cici Paramita Universitas Negeri Jakarta
  • Silvia Tofanie Universitas Negeri Jakarta
  • Abhi Rachma Ramadhan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14054

Keywords:

Digital citizenship, generasi muda, kritis, pendidikan karakter

Abstract

Konsekuensi era globalisasi membawa perubahan sosial yang signifikan di masyarakat terutama pada kemajuan teknologi. Selain meningkatkan produktivitas dan kreativitas, globalisasi juga membawa konsekuensi negatif yaitu salah satunya adalah degradasi moral di kalangan generasi muda. Untuk mengurangi dampak negatif era digital, tantangan utama sektor pendidikan saat ini adalah menanamkan pola pikir dan sikap kritis pada generasi muda sebagai warga negara digital. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode literatur review dari berbagai sumber seperti buku, jurnal penelitian nasional dan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perlu adanya implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah, keluarga dan masyarakat sebagai strategi untuk mempersiapkan generasi muda sebagai digital citizenship. Melalui pilar pendidikan karakter seperti moral knowing, moral modelling, moral feeling dan moral action, diharapkan dapat membentuk sikap kritis generasi muda sebagai digital citizenship sehingga dapat meminimalisir dampak negatif era digital terutama masalah degradasi moral.

References

Arifin, Z. (2016). PERILAKU REMAJA PENGGUNA GADGET; Analisis Teori Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(2), 287–316. https://doi.org/10.33367/tribakti.v26i2.219

Asadullah, S., & Nurhalin. (2021). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kemampuan Berfikir Kritis Generasi Muda Indonesia. Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 1(1), 12–24.

Ayub, M., & Sulaeman, S. F. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 21–32.

Bakri, S., Suhirman, & Suryani. (2022). Penguatan pendidikan karakter religius melalui implementasi kurikulum bina pribadi islami. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam An-Nizom, 7(1), 37–43.

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Cahyono, H. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER: STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS. Iayah : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 1(2), 230–240.

Choi, M., Glassman, M., & Cristol, D. (2017). What it means to be a citizen in the internet age: Development of a reliable and valid digital citizenship scale. Computers and Education, 107, 100–112. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.01.002

Cortesi, S., Hasse, A., Lombana-Bermudez, A., Kim, S., & Gasser, U. ". (2020). Youth and Digital Citizenship+ (Plus): Understanding Skills for a Digital World Citation. Youth and Media. https://cyber.harvard.edu/publication/2020/youth-and-digital-

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. In Antropologi Indonesia (Vol. 0, Issue 52). https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3318

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019

Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan. Jurnal Tribakti, 29(2), 369–387.

Feriyansyah. (2015). Warga Negara Digital Sebagai Instrumen Untuk Meningkatkan Partisipasi Warga Negara. Jurnal Pusham Unimed, VI(1), 96–115.

Gazi, Z. A. (2016). Internalization of digital citizenship for the future of all levels of education. Egitim ve Bilim, 41(186), 137–148. https://doi.org/10.15390/EB.2016.4533

Harahap, N. O. H. (2021). Aspek Kriminilogi Prostitusi Online Terhadap Anak Di Bawah Umur (Studi Putusan Nomor 2131/Pid.Sus/2019/PN.MDN).

Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia Seperti Indonesia mempunyai banyak sekali kebudayaan , mengingat Indonesia Bangsa Indonesia memiliki beragam budaya yang tak terhitung jumlahnnya . patut dilirik bangsa lain. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160.

Ivie, E. J., Pettitt, A., Moses, L. J., & Allen, N. B. (2020). A meta-analysis of the association between adolescent social media use and depressive symptoms. Journal of Affective Disorders, 275, 165–174. https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.06.014

Jæger, B. (2021). Digital Citizenship – A review of the academic literature. 24–42.

James, C., Weinstein, E., & Mendoza, K. (2019). Teaching Digital Citizens in Today’s World: Research and Insights Behind the Common Sense K-12 Digital Citizenship Curriculum. Teaching Digital Citizens in Today’s World, 50.

Khoirun Nida, F. L. (2013). Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg Dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 271–290. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.754

Kholillah, M. K., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 515–518. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2508

Kim, M., & Choi, D. (2018). Development of Youth Digital Citizenship Scale and Implication for Educational Setting Published by : International Forum of Educational Technology & Society Development of Youth Digital Citizenship. Journal of Educational Technology & Society, 21(1), 155–171.

Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), 273–290. https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.932

Lauricella, A. R., Herdzina, J., & Robb, M. (2020). Early childhood educators’ teaching of digital citizenship competencies. Computers and Education, 158(August), 103989. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103989

Lesmana Marselino, T. (2022). Kajian Ekspresi Diri pada Ruang Publik Dunia Maya dalam Perspektif Ontologis Layanan Internet World Wide Web. KALBISCIENTIA Jurnal Sains Dan Teknologi, 9(1), 14–23. https://doi.org/10.53008/kalbiscientia.v9i1.212

Manzuoli, C. H., Sanchez, A. V., & Bedoya, E. D. (2019). Digital Citizenship: A Theoretical Review of the Concept and Trends. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 18(2), 10–18.

Maulidiyah, A., Firdaus, D. F., & Wulandari, A. (2019). Pendidikan Karakter Untuk Generasi Muda Indonesia Berkemajuan. Seminar Nasional, 59–62.

Mossberger, K., Tolbert, J. C., & Mcneal, S. R. (2007). Digital Citizenship: The Internet, Society, and Participation. The MIT Press.

Mustari, M., Taufiq Rahman, M., & Persada, R. (2014). MANAJEMEN PENDIDIKAN.

Patimah, L., & Herlambang, Y. T. (2021). Menanggulangi Dekadensi Moral Generasi Z Akibat Media Sosial Melalui Pendekatan Living Values Education (LVE). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(2), 150. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i2.18359

Primasari, D. A. G., Dencik, & Imansyah, M. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019, 1100–1118.

Puriwat, W. (2020). Preparing for Industry 4 . 0 – Will youths have enough essential skills ?: An Evidence from Thailand. International Journal of Instruction, 13(3), 89–104. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2020.1337a

Putri, E. M., & Setyowati, R. N. (2021). Implementasi Pendidikan Digital Citizenship dalam Membentuk Good Digital Citizen pada Siswa SMA Labschool Unesa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 9(3), 580–594.

Ribble, M. (2015). Digital Citizenship in Schools: Nine Elements All Students Should Know (3rd ed.). International Society for Technology in Education.

Ricjardson, J., & Milovidov, E. (2022). DIGITAL EDUCATION HANDBOOK. Council of Europe Publishing.

Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432

Santoso, E. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 2(2), 35. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2085

Utami, A. H. (2021). Media baru dan Anak Muda : Perubahan Bentuk Media dalam Interaksi Keluarga New Media and Youth: Changing Forms of Media in Family Interactions. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 11(1), 8. https://doi.org/10.20473/jpua.v11i1.2021.8-18

Weinstein, E. (2018). The social media see-saw: Positive and negative influences on adolescents’ affective well-being. New Media and Society, 20(10), 3597–3623. https://doi.org/10.1177/1461444818755634

Zurohman, A., Marhaeni, T., Astuti, P., Tjaturahono, D., & Sanjoto, B. (2016). Dampak Fenomena Judi Online terhadap Melemahnya Nilai-nilai Sosial pada Remaja (Studi di Campusnet Data Media Cabang Sadewa Kota Semarang). Educational Social Studies, 5(2), 156–162.

Published

2023-06-30

How to Cite

Nursanti, N. N. P., Handayani, H., Paramita, C., Tofanie, S., & Ramadhan, A. R. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Digital Citizenship yang Kritis. Educatio, 18(1), 129–142. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14054