Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Proses pada Perencanaan Pembelajaran PPKn

Authors

  • Emi Susanti Universitas Sriwijaya
  • Alfiandra Alfiandra Universitas Sriwijaya
  • Abhi Rachma Ramadhan Universitas Negeri Jakarta
  • Riska Nuriyani Universitas Sriwijaya
  • Okta Dameliza Universitas Sriwijaya
  • Yesi Kumala Sari Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14796

Keywords:

Optimalisasi pembelajaran, diferensiasi konten, diferensiasi proses, perencanaan pembelajaran, PPKn

Abstract

Guru dalam pembelajaran abad ke-21 dan kurikulum merdeka belajar dituntut untuk dapat meningkatkan bakat, minat serta kreativitas belajar peserta didik. Untuk itu pembelajaran berdiferensiasi merupakan solusi dalam memacu motivasi belajar peserta didik. dalam mengatasi tantangan pembelajaran abad 21. Tujuan utama dari pembelajaran berdiferensiasi adalalah untuk mengatasi berbagai macam kebutuhan, dan gaya belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana optimalisasi langkah-langkah dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Maka diperoleh hasil keaktifan belajar peserta didik yang semakin meningkat dari pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Diperoleh hasil observasi, peserta didik merasa lebih dilibatkan dalam pembelajaran, hal ini terlihat dari semangat belajar mereka yang tinggi saat mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

References

Aisyah. (2019). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Andini, D. W. (2016). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3).

Astuti, V. W. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/

Dixon, F. A., Yssel, N., McConnell, M., J., & Hardin, T. (2014). Differentiated Instruction, Professional Development, and Teacher Efficacy. Journal for the Education of the Gifted, 37(2), 111–127.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0A

Harrison, R. A., Harrison, A., Robinson, C., & Rawlings, B. (n.d.). The experience of international postgraduate students on a distance-learning programme. Distance Education, 39(4), 480–494. https://doi.org/10.1080/01587919

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Mastuti, A. G., Abdillah, & Rumodar, M. (2022). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU MELALUI WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3415–3425. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653–2663. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1301

Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180.

Purwati, E., Samiu, T., & Ika, T. (2022). Implementasi Discovery Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Masa Pemulihan Pembelajaran Di SMKS Pembangunan Ternate ( Penelitian Tindakan Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan Mata Pelajaran PKn. 13(2).

Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di Smpn 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7`(1), 48–54.

Susanti, E. (2021). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berbasis TPACK Terhadap Peningkatan Karakter Peserta Didik Di UPT Sma Negeri 1 Palembang. Universitas Sriwijaya.

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Wahyuni, S. (2022). Improving flat wake-up learning outcomes through discovery learning learning models. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(3).

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jendelaedukasi.Id, 02(04), 529–535. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP

Weselby, C. (2021). Differentiated Instruction: Examples & Classroom Strategies. Resilient Educator. https://resilienteducator.com/classroom%02resources/examples-of-differentiated-instruction

Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Di Sma Kota Batam. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 203–207. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/498

Published

2023-06-30