Upaya Pemerintah dalam Menjamin Hak Pendidikan untuk Seluruh Masyarakat di Indonesia: Sebuah Fakta yang Signifikan

Authors

  • Aunur Shabur Maajid Amadi Universitas Muhamadiyah Sidoarjo https://orcid.org/0000-0002-6531-9587
  • Salsabila Hasan Universitas Muhamadiyah Sidoarjo
  • Nabila Akmaliya Rifanto Universitas Muhamadiyah Sidoarjo
  • Muhammad Wildan Universitas Muhamadiyah Sidoarjo
  • Nidia Qonitatul Afifah Universitas Muhamadiyah Sidoarjo
  • Nur Maslikhatun Nisak Universitas Muhamadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14798

Keywords:

Education, Scholarship, Poverty, Community

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengangkat kemajuan sebuah negara. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang mengalami kesulitan ekonomi dan tidak mampu memenuhi biaya pendidikan yang semakin meningkat. Kondisi ini dapat menghambat akses pendidikan yang setara bagi semua warga negara, sehingga menjadi penghambat kemajuan Indonesia sebagai negara yang berdaulat dan sejahtera. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia meluncurkan program "Indonesia Pintar" sebagai upaya untuk meningkatkan akses pendidikan dan mengurangi kesenjangan pendidikan. Program ini ditujukan kepada masyarakat yang mengalami kendala ekonomi dalam memenuhi biaya pendidikan, dengan memberikan bantuan biaya dan fasilitas pendidikan gratis untuk siswa-siswa yang memenuhi syarat. Dalam program ini, pemerintah juga menyediakan berbagai jenis bantuan, seperti beasiswa pendidikan, bantuan seragam, bantuan alat tulis, dan bantuan transportasi bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Selain itu, pemerintah juga mengembangkan program pembangunan infrastruktur pendidikan, seperti pembangunan sekolah dan renovasi gedung sekolah yang sudah ada. Program "Indonesia Pintar" diharapkan dapat meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi dan membantu mereka untuk menggapai mimpi dan cita-cita. Dalam jangka panjang, program ini diharapkan juga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang pada akhirnya dapat memperkuat kemajuan Indonesia sebagai negara yang berdaulat dan sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana dedikasi pemerintah dalam memberikan fasilitas pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif systematic literature review, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemerintah telah mengimplementasikan berbagai bantuan dan fasilitas yang berarti bagi masyarakat Indonesia. Ditemukan bahwa pemerintah telah melaksanakan langkah-langkah yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat

References

Astuti, S. T., Susbiyani, A., Kamelia, I., & Afroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Pengaruh Tingkat Pengungkapan Sukarela Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Muhammadiyah Jember; Jl.Karimata No.49 Kec.Sumbersari, 1–14.

Aunur Shabur Maajid Amadi. (2022). Pendidikan di Era Global: Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. Educatio, 17(2), 153–164. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439

Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 04.

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). DIMENSI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 199–207. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/504

Hasil Pencarian - KBBI Daring. (n.d.). Retrieved March 20, 2023, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan

J.D.I.H. - Dewan Perwakilan Rakyat. (n.d.). Retrieved May 4, 2023, from https://www.dpr.go.id/jdih/index/id/203

J.D.I.H. - Undang Undang Dasar 1945 - Dewan Perwakilan Rakyat. (n.d.). Retrieved May 4, 2023, from https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945

Lelu Ngongo, V., Hidayat, T., Wiyanto, dan, Xaverius, S., Alam, P., & Sugihan, M. (2019). PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3093

Ni Putu Ayu Purnama Margareni, I Ketut Djayastra, & I.G.W Murjana Yasa. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI PROVINSI BALI. Piramida, xii.

Rohaeni, N. E., & Saryono, O. (2018). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 193–204. https://doi.org/10.4321/IJEMAR.V2I1.1824

Shabur, A., Amadi, M., & Arab, P. B. (2022). Pendidikan di Era Global: Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. Educatio, 17(2), 153–164. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; ke 2). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Sofia Yustiyani Suryandari, Ed.; ke 5). Alfabeta.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Amadi, A. S. M., Hasan, S., Rifanto, N. A., Wildan, M., Afifah, N. Q., & Nisak, N. M. (2023). Upaya Pemerintah dalam Menjamin Hak Pendidikan untuk Seluruh Masyarakat di Indonesia: Sebuah Fakta yang Signifikan. Educatio, 18(1), 161–171. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14798