PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MAHASISWA AKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS

Authors

  • Burhanuddin Burhanuddin Program Studi PGSD STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v9i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran mahasiswa aktif dengan pendekatan kontekstual pada mata kuliah Konsep Dasar IPS Program Studi PGSD STKIP Hamzanwadi Selong. Adapun produk yang akan dikembangkan berupa model pembelajaran mahasiswa aktif dengan pendekatan kontekstual sebagai produk utama dan perangkat pembelajaran yaitu: Bahan Ajar Mahasiswa, Satuan Acara Perkuliahan, dan Tes hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan di STKIP Hamzanwadi Selong pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa semester II PGSD dengan sampel sebanyak dua kelas. Data kevalidan produk awal diperoleh nilai rata-rata 4,00 dinyatakan pada kategori “Validâ€. Kepraktisan model pembelajaran diperoleh melalui dua unsur yaitu: a) kriteria kepraktisan menurut penilaian ahli/praktisi dan diperoleh nilai rata-rata 4,08 dinyatakan pada kriteria “Tinggiâ€, dan b) kriteria kepraktisan secara operasional di lapangan dengan observasi, diperoleh nilai rata-rata 3,11 dinyatakan pada kriteria “Cukupâ€. Data keefektifan model pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 4,20 dinyatakan pada kriteria “Tinggiâ€. Respon mahasiswa terhadap model pembelajaran sekitar 85% mahasiswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model yang dikembangkan. Hasil belajar yang diperoleh mahasiswa yaitu 80% mahasiswa memperoleh nilai 60>.

Published

2014-06-02

Issue

Section

Artikel