Analisis Kebutuhan media spinner untuk meningkatkan kemamppuan berpikir kritis siswa di Madrasah aliyah

Authors

  • Siti Surodiana Universitas Hamzanwadi
  • Muhamad Ali Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Fahrurrozi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.17879

Keywords:

Analisi Kebutuhan, Kemampuan Berpikir Kritis, Pengembangan Media Spiner

Abstract

Perkembangan  tekhnologi informasi dan komunikasi membawa dampak yang sangat signifikan dalam bidang pendidikan. Pemanfaatan tekhnologi meruppakan suatau terobosan yang luarbiasa. Hal penting yang perliu diperhatikan dalam pendidikan adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa merupakan hal yang sangat penting untuk mempersiapkan siswa dalam menhadapai tantangan dunia nyata dan pengambilan keputusan yang tepat. Kemamppuan berpikir kritis siswa mengalami berbagai tantangan dan hambatan sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi hambatan dengan menganalisis kebutuhan media spinner untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. .

References

Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Dadi, I. K., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MIND MAPPING. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375

Holme, R., & Chalauisaeng, B. (2006). The learner as needs analyst: The use of participatory appraisal in the EAP reading classroom. English for Specific Purposes. https://doi.org/10.1016/j.esp.2006.01.003

Ibrahim. (2011). Pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah yang menghadirkan kecerdasan emosional. Prosiding. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Dengan Tema ”Matematika Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran” Pada Tanggal 3 Desember 2011 Di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Purwasih, R., & Bernad, M. (2018). Pembelajaran diskursus multi representasi terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13589

Sri Sumartini, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa.

Surodiana, S. (2020). Penerapan Media Permainan Sosiology Shot Traditional (SOSIS –T) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sosiologi Siswa MAN 1 Lombok Timur. Jurnal Paedagogy. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2927

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka.

Yoni Sunaryo. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya Problem-Based. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan.

Published

2023-07-02

How to Cite

Surodiana, S., Ali, M., & Fahrurrozi, M. (2023). Analisis Kebutuhan media spinner untuk meningkatkan kemamppuan berpikir kritis siswa di Madrasah aliyah. Educatio, 18(1), 204–210. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.17879