Analisis Butir Soal Ulangan Harian Pembelajaran IPA Pada Kelas VIII Di SMPN 21 Semarang

Authors

  • Wike Aprilia Ningrum Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rahmawati
  • Ipah Budi Minarti
  • Roch Mayang Mekar

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18291

Keywords:

Analaisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda

Abstract

Menganalisis kualitas butir soal merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mengetahui butir  soal yang disusun layak dipertahankan atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas butir soal ulangan harian pembelajaran IPA materi sistem pencernaan kelas VIII G di SMPN 21 Semarang yang ditinjau dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian dilaksanakan pada 24 November 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah butir soal, kunci jawaban, dan jawaban peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa validitas butir soal menunjukkan 72% soal pilihan ganda dan 80% soal uraian dinyatakan valid, sedangkan butir soal yang dinyatakan tidak valid menunjukkan 28% soal pilihan ganda dan 20% soal uraian. Reliabilitas butir soal menunjukkan kekonsistenannya tinggi sebesar 0,816 pada soal pilihan ganda, sedangkan soal uraian menunjukkan kekonsistenannya cukup sebesar 0,441. Daya pembeda soal pilihan ganda dan uraian menunjukkan hasil sangat baik, cukup baik, baik dan tidak baik. Pada tingkat kesukaran pilihan ganda dan uraian menunjukkan hasil kategori sedang, mudah, dan terlalu mudah. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada butir soal yang valid bisa digunakan kembali sedangkan butir soal yang      tidak valid atau kurang baik bisa diperbaiki atau dibuatkan baru sesuai dengan indikator. Namun secara keseluruhan hasil belajar sudah mencapai nilai KKM.

Kata kunci: Analaisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda

                                                   

 

.

Author Biography

Wike Aprilia Ningrum, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PPG Prajabatan 2022

References

Anita, A., Tyowati, S., & Zuldafrial, Z. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 35. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.780

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran (10th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara.

Azis, A. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998

Depdiknas. (2013). Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2011, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133

Hariyatmi, & Marsiyah, F. (2018). Profil Soal Buatan Guru Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Di SMA Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek III, 3(7), 572–579.

Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23335

Nurhasanah, & Ahmad, H. (2017). Analisis Soal Ujian Tengah Semester (Uts) Mata Kuliah Geometri. Jurnal Pendidikan Pepatudzu, 13(1), 30–42.

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Rahmasari, D., & Ismiyati. (2016). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 317–330.

Salvina, N., Sidauruk, S., & Asi, N. B. (2019). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMK Jurusan Teknologi Dan Rekayasa Di Kabupaten Kotawaringin Timur Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(1), 46–56. https://doi.org/10.37304/jikt.v10i1.20

Sari, I. N., Anggraini, M. P., Maryoni, R., & Walid, A. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Uts Pembelajaran Ipa Kelas Vii Di Smp Bp Pancasila. ISEJ: Indonesian Science …, 2(3), 164–170. https://www.siducat.org/index.php/isej/article/view/358%0Ahttps://www.siducat.org/index.php/isej/article/download/358/271

Sopiah, A., Sidauruk, S., & Asi, N. B. (2019). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X MIA SMA Di Kabupaten Kotawaringin Barat Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(2), 110–126. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jikt.v10i2.27

Subana, M., & Sudrajat. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah (4th ed.). CV Pustaka Setia.

Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan (27th ed.). Rajawali Press.

Virginia, S., Angraini, W., Pratesya, W., & Walid, A. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian IPA Terpadu Kelas VII SMP 05 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2), 61–65. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4173

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310

Published

2023-06-29

How to Cite

Ningrum, W. A., Rahmawati, R. C., Minarti, I. B., & Mekar, R. M. (2023). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Pembelajaran IPA Pada Kelas VIII Di SMPN 21 Semarang. Educatio, 18(1), 91–101. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18291