Media Interaktif Berbasis Games-Quiz Materi Tumbuhan Muatan IPAS Kurikulum Merdeka Untuk Kelas IV

Authors

  • Desak Putu Agung Yuliana Kasuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18656

Keywords:

Media Interaktif, Kurikulum Merdeka, Games-Quiz

Abstract

Media pembelajaran pada muatan IPAS Kurikulum Merdeka masih belum interaktif bagi siswa. Pengembangan media berbentuk permainan dan kuis menjadi pilihan pada muatan IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah pengembangan rancang bangun, menguji validitas dan kepraktisan, serta efektivitas media. Penelitian menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Subjek penelitian adalah 31 orang siswa kelas IV di SD Negeri 1 Temesi. Media interaktif berbasis games-quiz yang dikembangkan melalui tahapan uji validitas ahli media dengan hasil 95%. Hasil uji ahli materi 94,64%, hasil ahli desain yakni 95%. Sementara hasil kepraktisan uji coba perorangan adalah 92,23%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,02%, uji coba respon siswa 85,54%, dan observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran 94,44%. Hasil efektivitas media memperoleh t-hitung sebesar 21,34 dan t-tabel sebesar 1,67 pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulannya, pengembangan media interaktif berbasis games-quiz layak dan efektif untuk bisa diterapkan muatan IPAS kurikulum merdeka untuk kelas IV SD.

References

Agustiana, I. G. A. T., & Tika, I. N. (2013). Konsep Dasar IPA : Aspek Fisika dan Kimia. . Penerbit Ombak.

Andrini, S. V., & Pratama, H. (2021). Implementasi Quiz Interaktif dengan Software Mentimeter dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 287–294. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Herutami, Alhapip, Iswoyo, Hartini, & Mahardika. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi : Jakarta Pusat.

Astiti, N. D., Putu, L., Mahadewi, P., Suarjana, I. M., & Kunci, K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1).

Bakan, U., & Bakan, U. (2018). Game-Based Learning Studies in Education Journals: A Systematic Review of Recent Trends. Actualidades Pedagógicas, 72, 119–145. https://doi.org/10.19052/ap.5245

Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311–2321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212

Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/tip.v11i2.147

Ibtida, A., & Trianingsih, R. (2016). PENGANTAR PRAKTIK MENDIDIK ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Pengantar Praktik Mendidik Al Ibtida, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, Volume 2, 293–304. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Krath, J., Schürmann, L., & von Korflesch, H. F. O. (2021). Revealing the theoretical basis of gamification: A systematic review and analysis of theory in research on gamification, serious games and game-based learning. Computers in Human Behavior, 125. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106963

Manalu, B. J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1(1). https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Marzatifa, L., Inayatillah, & Agustina, M. (2021). Ice Breaking:Implementasi, Manfaat dan Kendalanya untuk MeningkatkanKonsentrasiBelajar Siswa. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MI/SD, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32505/3013

Montolalu C, & Langi M. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Matematika Dan Aplikasi, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Pratama, L. D., Bahauddin, A., & Lestari, W. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At-Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.64

Purwaningrum, S., Fahmi Imron, I., & Basori, M. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi Quiz Parampa IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 499–506. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2937

Putro, Z. K. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. APLIKASIA : Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama , 16(1). https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rofiq, A. A., Anjaina, A., Romdloni, R., & Ulwiyah, N. (2022). Media Quizizz Mampu Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 101. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.101-112.2022

Sari, E. C. (2007). Kurikulum Pendidikan di Indonesia Sepanjang Sejarah (Suatu Tinjauhan Filosofis). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 340–361. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.354

Sari, T. N., & Ghoni, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA melalui Game Interaktif Berbasis Paliber (Papan Lingkar Berputar) pada Materi Ekosistem. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1540. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8566

Setiyo, S. A., Anggraeni, A., Supriatnaningsih, R., Riski, R., Prodi, M., Mandarin, P. B., Bahasa, J., Asing, S., Bahasa, F., Seni, D., & Artikel, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Pilihan Ganda Bahasa Mandarin Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Journal of Mandarin Learning and Teaching, 4(1), 1–11. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/longdaxiaokan

Sugiyono, P. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D (19th ed.). Bandung : Penerbit ALFABETA.

Sumarsono, A., Sianturi, M., Pendidikan, J., Kesehatan, J., Rekreasi, D., & Musamus, U. (2019). PELUANG MEDIA INTERAKTIF DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Suparman, T., Giri Prawiyogi, A., Endah Susanti, R., Buana Perjuangan Karawang, U., & Barat, J. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Syahri, U. A., Christijanti, W., Pamelasari, S. D., & Alamat, . (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS DIGITAL GAMES BASED LEARNING TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Tarigan, D., & Siagian, D. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 2407–7488.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Model ADDIE. Jurnal IKA, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Wijayanti, W., & Relmasira, C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77–83.

Published

2023-06-29

How to Cite

Yuliana Kasuma Dewi, D. P. A., Agustiana, I. G. A. T., & Rati, N. W. (2023). Media Interaktif Berbasis Games-Quiz Materi Tumbuhan Muatan IPAS Kurikulum Merdeka Untuk Kelas IV. Educatio, 18(1), 61–75. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18656