Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Peserta Didik Kelas II
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18734Keywords:
motivation, learning outcomes, realistic mathematics education approachAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi operasi hitung bilangan cacah melalui pendekatan realistic mathematics education untuk peserta didik kelas II. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Sambisari yang terdiri dari 25 peserta didik. Objek penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan test pretest dan posttest, angket dan observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian data motivasi belajar peserta didik memperoleh data pada kondisi pra tindakan sebesar 44%, tahap siklus I persentase peserta didik yang sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan naik sebesar 52%. Pada siklus II persentase peserta didik yang sudah memenuhi 84%. Untuk peningkatan hasil belajar terbukti pada hasil tes tertulis yang meningkat di setiap siklusnya. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik dari kondisi pra tindakan sebesar 32% dengan kategori kurang, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase belajar matematika sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education pada peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Sambisari motivasi belajar dapat meningkat sehingga hal tersebut juga mempengaruhi pada hasil belajar juga mengalami peningkatan yang sangat baik
References
Fitriana, H. N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi Dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication , Vol. 1 No.3, 198-203.
Hermin, W. L., Hariyanti, E., & Sulinar, S. L. (2020). Penguatan Ranah Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.
Nur, A. S., & Slamet. (2021). Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Hikmah Bululawang Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya , Vol. 1 No. 10, 797-806. http://repository.um.ac.id/id/eprint/247952
Permendikbud. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. 1-534.
Punamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas Dan Volume Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika , Vol. 3 No. 1, 45-51. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1728/1765
Ratna, S. U. (2022). Metode Kerja Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ssiswa. Cendekia : Jurnal Ilmiah Multidisiplin , Vol. 1 No. 1, 1-9.
Rodiyana, R., Cahyaningsih, U., & Halimah, N. (2019). Pentingnya Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pemahaman Konsep Siwa Sekolah Dasar. Prosising Seminar Nasional Pendidikan (pp. 577-584). Majalengka: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan Universitas Majalengka. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/83/84
Saputro, H. B. (2018). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Mahasiswa PGSD UAD. JPSD , Vol.5 No.1, 52-61. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd
Sulastri. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MtS melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Maju , Vol. 9 No. 2, 14-26.
Susanto, A. (2013:15). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media group.
Wird, Y. d. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Puslitjakdikbud.