PENGEMBANGAN MANAJEMEN JEJARING BIMBINGAN DAN KONSELING (MJBK) BERBASIS ANALISIS KEBUTUHAN

Authors

  • Ridwan Ridwan Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v6i1.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun profil pemenuhan tugas perkembangan murid SMP-SMA Negeri dan miskonsepsi mereka yang resisten terhadap  BK; terungkapnya mekanisme kerja BK dan pola-pola komunikasi di antara jaringan kerja BK; dan  tersusun rancangan model manajemen jejaring untuk menangani BK dan pemenuhan tugas pengembangan murid. Penelitian ini dijalankan dengan metode survei. Yakni dengan melakukan asesmen terhadap pemenuhan tugas perkembangan murid SMP dan SMA,  miskonsepsi terhadap BK, mekanisme kerja dan pola komunikasi guru BK dengan atasan dan kerabat kerja. Anggota sampel murid SMP sebanyak 841 orang dari 17  sekolah, sampel murid SMA sebanyak 492 dari 10 sekolah, dan 27 orang guru BK yang mewakili sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan tugas perkembangan murid rata-rata berada satu tingkat dari yang seharusnya. Masih terjadi miskonsepsi guru dan murid yang resisten terhadap BK. Struktur organisasi BK bersifat kaku, belum dipahami oleh segenap warga sekolah, dan mekanisme kerja sebagaimana tertuang dalam struktur BK baru dapat dijalankan oleh guru BK sekitar 40-50%. Demikian juga dengan pola-pola komunikasi yang belum efektif. Hasil akhir dari penelitian ini adalah dihasilkannya model manajemen jejaring BK (MJBK).

Published

2011-06-06

Issue

Section

Artikel