PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN MULTIMEDIA DAN LINGKUNGAN RIIL TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Rizhal Hendi Ristanto SMK PGRI 3 Walikukun, Widodaren, Ngawi, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v6i1.23

Abstract

Mata pelajaran biologi  menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung maka sudah semestinya mendudukkan siswa sebagai pusat perhatian utama. Peran utama guru adalah memberikan pengalaman dan memperkaya pengetahuan siswa dengan mengeksplorasi lingkungan dengan proses pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan multimedia dan lingkungan riil terhadap prestasi belajar biologi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilaksankan pada bulan Januari-Oktober 2010. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas eksperimen I dengan multimedia dan satu kelas eksperimen II dengan lingkungan riil. Pengumpulan data prestasi belajar dengan menggunakan teknik pos test. Hasil penelitian menunjukkan  terdapat perbedaan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan multimedia dan lingkungan riil yaitu media dengan lingkungan riil memberikan pengaruh yang lebih baik daripada multimedia terhadap prestasi belajar biologi.

Published

2011-06-06

Issue

Section

Artikel