PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Shahibul Ahyan Pendidikan Matematika STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v6i1.25

Abstract

Artikel ini membahas tentang penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX SMP NW Kalijaga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.  Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72,41% dan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 14,02 yang termasuk pada kategori cukup aktif. Sedangkan, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 86,21% dan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 17,08 yang termasuk pada kategori aktif.

Published

2011-06-06

How to Cite

Ahyan, S. (2011). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Educatio, 6(1), 82–103. https://doi.org/10.29408/edc.v6i1.25

Issue

Section

Artikel