Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Jam Numerasi Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Gembyang Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v19i2.26147Keywords:
Jam, Numerasi, Alat peragaAbstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum pendidikan yang dikembangkan oleh pemerintah khususnya kementrian pendidikan indonesia dalam menggantikan kurikulum yang sudah ada yaitu kurikulum 2013. Kurikulum merdeka sangat menekankan 2 aspek penting dalam dunia pendidikan yaitu aspek literasi dan numerasi. Aspek literasi sangat penting dimiliki dan dikuasai oleh siswa supaya mereka bisa mencerna dan memahami dengan seksama informasi informasi dari mana saja, baik informasi dari buku, berita, maupun informasi dari media sosial. Tujuan dilaksanakan penelitian ini, diharapkan terjadi peningkatan yang signifikan pada mata pelajaran matematika terutama pada materi waktu. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi analisis data lapangan dan data wawancara serta data hasil belajar pre test dan post test. Penelitian ini dapat menarik kesimpulan dari data tersebut bahwa alat peraga jam numerasi dapat mempernagruhi kemampuan numerasi yang dilihat dari hasil belajar matematika siswa.
References
Anngrareni, N. L., Sudana, I. K., Firmani, P. S., & Suparyana, P. K. (2023). PENINGKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 APUAN. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 79-86.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group
Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Making, M. Y. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mekanika Teknik Berbasis Videoscribe dan Aurora 3D Presentation Pada Materi Konstruksi Pelengkung Tiga Sendi. Skripsi Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta
Munir, M. (2013). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Pengolah Angka (Spreadsheet) Berbasis Video Screencast. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Volume 21, Oktober 2013. Yogyakarta: FT UNY.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Martono, B. (2008). Teknik Perkayuan. Jakarta: Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi GP Press Group.
Munir, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Volume 22 (2), Oktober 2014. Yogyakarta: FT UNY.
Nugroho, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Membatik Teknik Jumputan untuk Siswa Kelas VII di Mts Negeri Godean. Skripsi Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sani, B. & Kurniasih, I. (2017). Konsep dan Proses Pembelajaran, Implementasi dan Praktek dalam Kelas. Jakarta: CV. Solusi Distribusi.
Sukoco, dkk. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Volume 22 (2), Oktober 2014. Yogyakarta: FT UNY.
Sumiharsono, R. & Hisbiyatul, H. (2018). Media Pembelajaran; Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember: CV. Pustaka Abadi
Usman, T., Sofyan, H. & Gunadi. (2014). Peningkatan Mutu Pembelajaran Teknologi Pengecatan Melalui Metode Jigsaw bagi Mahasiswa Otomotif FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Volume 22 (1), Mei 2014. Yogyakarta: FT UNY.
Tunggul, T. C. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Purworejo. Skripsi Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Max Faisal Bahreizy, Ahmad Sudi Pratikno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.