Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mendukung Pendidikan 4.0 Di Smp Negeri 3 Madiun

Authors

  • Dimas Tri Pamungkas Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun
  • Sri Sasmita Djati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v19i2.26213

Keywords:

Manajemen Berbasis Sekolah, Pendidikan 4.0

Abstract

Penelitian ini mengkaji kesesuaian antara implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Negeri 3 Madiun dengan konsep Pendidikan 4.0 yang muncul sebagai dampak dari revolusi industri 4.0. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis tujuh komponen MBS meliputi manajemen kurikulum, pendidik, kesiswaan, keuangan, sarana prasarana, hubungan sekolah dengan masyarakat, dan layanan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum SMP Negeri 3 Madiun telah mengimplementasikan berbagai aspek MBS yang selaras dengan prinsip-prinsip Pendidikan 4.0, seperti pembelajaran berbasis teknologi digital, pelibatan partisipasi siswa, peningkatan kompetensi guru, sistem administrasi dan layanan berbasis digital, serta keterlibatan masyarakat dalam pengembangan kurikulum. Meskipun demikian, masih terdapat ruang untuk peningkatan terutama dalam manajemen layanan khusus berbasis digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa SMP Negeri 3 Madiun telah mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi Pendidikan 4.0 dan dapat menjadi contoh implementasi bagi sekolah lain

References

Aziz Hussin, A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(2). https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n .3p.92

Barret, A. M., & Tikly, L. (2012). quality in education from an international perspective (No. 29). https://www.academia.edu/7313169/ Quality_in_education_from_an_inter national_perspective

Chui, M., Manyika, J., & Miremadi, M. (2016). Where machines could replace humans-and where they can’t (yet). McKinsey Quarterly. https://www.mckinsey.com/businessfunctions/mckinsey-digital/ourinsights/where-machines-couldreplace-humans-and-where-theycant-yet

Dewantara, K. H. (1977). Pendidikan (2nd ed.). Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1). https://doi.org/10.36588/sundermann .v1i1.18

Lazwardi, D. (2018). IMPLEMENTATION OF SCHOOL-BASED MANAGEMENT. AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i 1.3077

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT Bumi Aksara.

Nurkolis,. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo. Puncreobutr, V. (2016). Education 4.0: New Challenge of Learning. Journal of Humanities and Social Sciences, 2(2). http://www.stic.ac.th/ojs/index.php/sj hs/article/view/Position Paper3

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.)). ALFABETA.

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Pamungkas, D. T., Darmadi, D., & Djati, S. S. (2024). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mendukung Pendidikan 4.0 Di Smp Negeri 3 Madiun. Educatio, 19(2), 217–227. https://doi.org/10.29408/edc.v19i2.26213