PENGARUH PEMBELAJARAN TPS DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v11i2.270Keywords:
Think Pair Share (TPS), Numbered head Together (NHT), Minat, Hasil Belajar, Ekonomi.Abstract
This research aimed to find out: (1) differences in learning achievement of economic student who use the Think Pair Share (TPS) and Numbered Head Together (NHT) learning model viewed from learning interest, (2) the effect of learning interest for economic of student achievement, (3) interaction effect between TPS learning model and NHT learning model. This study was a experiment. The research was desained by faktorial 2x2. The research population was 197 students for 7 class XI of MA Muallimat NW Pancor. The sample was taken by using simple Random Sampling, obtained 28 students as an TPS class and 28 other in same grade as NHT class. The data collection was taken by obyektive test of multiple choise method. Test method was used to know learning achievement of economic student. The conclusion of this research were that: (1) There were differences in learning achievement of accounting student who used the TPS learning model and NHT learning model. (2) There were effect of learning interest for economic of student achievement. (3) There not was interaction effect between interest with TPS learning model and NHT learning model.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran TPS dan NHT terhadap hasil belajar siswa, (2) apakah ada pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa, dan (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperiman, dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Mu’allimat NW Pancor yang berjumlah 197 orang yang terdiri dari 7, diperoleh dengan cara Simple Random Sampling, sehingga yang terpilih adalah kelas X6 dan X7 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas TPS dan 28 lainnya sebagai kelas NHT. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes obyektif pilihan ganda, untuk memperoleh hasil belajar ekonomi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran TPS dan NHT terhadap hasil belajar siswa, (2) terdapat pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa, dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat terhadap hasil belajar siswa.
References
Amri, Sofan dan Ahmadi, Iif Khoiru. (2010). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta: Hasil Pustaka.
Hakim, Lukmanul. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima
Rasyid, Harun dan Mansur. (2010). Penilaian Hasil belajar. Bandung : Wacana Prima
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Asra. (2010). Metode Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima
Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Hasil Pustaka
Undang-undang No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional: Jakarta