Peran Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Esensialisme
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v20i1.27240Keywords:
Pendidikan, Esensialisme, FilsafatAbstract
Esensialisme adalah aliran filsafat. Para tokoh Esensialisme berpendapat bahwa pandangan-pandangan yang mudah berubah, tidak mempunyai arah dan ketidakpastian, mudah goyah muncul karena pendidikan bertumpu pada landasan pandangan-pandangan yang fleksibel dalam segala bentuknya. Artikel ini menggunakan metode penelitian pendekatan kepustakaan yakni penelitian yang menggunakan analisis data berdasarkan dokumen teks, bahan Pustaka berupa catatan terbitan, buku, jurnal, surat kabar, dan artikel.Pandangan Esensialisme mengenai pembelajaran adalah bahwa Pembelajaran dimulai dari jiwa manusia, kemudian jiwa menyesuaikan diri dengan lingkungannya kemudian ditambah dan dikurangi pada generasi berikutnya. Keuntungan dari Esensialisme adalah membantu memulihkan pokok bahasan dan mengakuui perubahan dalam masyarakat. Sedangkan kelemahan aliran esensialisme adalah orientasinya yang terikat pada tradisi, tidak adanya kesatuan pemikiran diantara para tokoh aliran ini, dan terhambatnya kreativitas dikalangan siswa.
References
Amin Putri, R. K., & M Yunus Abu Bakar. (2023). Konsep Essensialisme Dalam Perspektif
Filsafat Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam,
(1), 112–124. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.752
El-Yunusi, M. Y. M., Azizah, C., & Nabillah, S. Q. (2023). Kurikulum dan Problematika
Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Masaliq, 3(3), 370–383.
https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i3.897
Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul
Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU,
(01), 317–329.
Ghufron, A. (2008). Fllsafat Pengembangan Kurikulum. In Foundasia (Vol. 1, Issue 9).
https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5863
Habibah, S. (2019). Kritik dan Komentar Pendidikan Esensialis. Al-Riwayah:Jurnal
Kependidikan, 11(1), 31–44.
Kapoyos, R., & Manalu, L. M. (2022). Filsafat Esensialisme Sebagai Pendukung Ideologi
Pendidikan Seni Di Indonesia. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 3(1), 1–11.
https://doi.org/10.51667/cjmpm.v3i1.853
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.
Marzuki, Ismail. Siswandy. Iqbal. Reza Muhammad, A. (2021). Filsafat Ilmu Pengetahuan (M.
Asdar (Ed.)). Fakultas Teknik Universitas Fajar.
Muhammad Ichsan Thaib. (2015). Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.
Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 731–762.
Nissa I.C, S. I. . (2023). Kurikulum Merdeka dari Berbagai Perspektif Filsafat Pendidikan dan
Filosofi Ki Hajar Dewantara Ita. Empiricism Journal, 4(2), 456–463.
Ety Nur Inah. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa c8(2), 150–167.
Putri, S. D. (2021). Analisis Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Peranannya dalam
Pendidikan Sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 13.
https://doi.org/10.24127/hj.v9i1.3364
Sava Rahmadila, A., Khoiriyah, M., Nur Hasanah, M., & Siraj, T. (2022). Kedudukan Dan Peranan Guru Serta Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. TA’LIM: Jurnal Pendidikan
Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 16–23.
Sholehuddin, S. (2023). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Pemikiran Essensialisme Dalam
Filsafat Pendidikan. 1, 78–86.
Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak
Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,
(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Tarbiyah, D. F., Ar-raniry, I., & Aceh, B. (n.d.). Konsep Pendidikan Islam ; Pendekatan Metode
Pengajaran.
Wali, M. (2023). PENULIS : Zulkifli M . Nurul Ma ’ arif Ade Risna Sari Purnama Rozak Novita
Sariani Tri Indah Prasasti Sopian Abdul Malik Iskandar Okpatrioka Fatma Darmadi
Muhammad Wali (Issue April).
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah
Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Yunus, H. A. (2016). Telaah Aliran Pendidikan Progresivisme Dan Esensialisme Dalam
Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abidhatul Khoiroh, Yeni Purwanti, Muhammad Yusron Maulana El Yunusi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.