Peran Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Esensialisme

Authors

  • Yeni Purwanti Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Abidhatul Khoiroh Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v20i1.27240

Keywords:

Pendidikan, Esensialisme, Filsafat

Abstract

Esensialisme adalah aliran filsafat. Para tokoh Esensialisme berpendapat bahwa pandangan-pandangan yang mudah berubah, tidak mempunyai arah dan ketidakpastian, mudah goyah muncul karena pendidikan bertumpu pada landasan pandangan-pandangan yang fleksibel dalam segala bentuknya. Artikel ini menggunakan metode penelitian pendekatan kepustakaan yakni penelitian yang menggunakan analisis data berdasarkan dokumen teks, bahan Pustaka berupa catatan terbitan, buku, jurnal, surat kabar, dan artikel.Pandangan Esensialisme mengenai pembelajaran adalah bahwa Pembelajaran dimulai dari jiwa manusia, kemudian jiwa menyesuaikan diri dengan lingkungannya kemudian ditambah dan dikurangi pada generasi berikutnya. Keuntungan dari Esensialisme adalah membantu memulihkan pokok bahasan dan mengakuui perubahan dalam masyarakat. Sedangkan kelemahan aliran esensialisme adalah orientasinya yang terikat pada tradisi, tidak adanya kesatuan pemikiran diantara para tokoh aliran ini, dan terhambatnya kreativitas dikalangan siswa.

References

Amin Putri, R. K., & M Yunus Abu Bakar. (2023). Konsep Essensialisme Dalam Perspektif

Filsafat Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam,

(1), 112–124. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.752

El-Yunusi, M. Y. M., Azizah, C., & Nabillah, S. Q. (2023). Kurikulum dan Problematika

Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Masaliq, 3(3), 370–383.

https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i3.897

Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul

Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU,

(01), 317–329.

Ghufron, A. (2008). Fllsafat Pengembangan Kurikulum. In Foundasia (Vol. 1, Issue 9).

https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5863

Habibah, S. (2019). Kritik dan Komentar Pendidikan Esensialis. Al-Riwayah:Jurnal

Kependidikan, 11(1), 31–44.

Kapoyos, R., & Manalu, L. M. (2022). Filsafat Esensialisme Sebagai Pendukung Ideologi

Pendidikan Seni Di Indonesia. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 3(1), 1–11.

https://doi.org/10.51667/cjmpm.v3i1.853

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.

Marzuki, Ismail. Siswandy. Iqbal. Reza Muhammad, A. (2021). Filsafat Ilmu Pengetahuan (M.

Asdar (Ed.)). Fakultas Teknik Universitas Fajar.

Muhammad Ichsan Thaib. (2015). Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.

Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 731–762.

Nissa I.C, S. I. . (2023). Kurikulum Merdeka dari Berbagai Perspektif Filsafat Pendidikan dan

Filosofi Ki Hajar Dewantara Ita. Empiricism Journal, 4(2), 456–463.

Ety Nur Inah. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa c8(2), 150–167.

Putri, S. D. (2021). Analisis Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Peranannya dalam

Pendidikan Sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 13.

https://doi.org/10.24127/hj.v9i1.3364

Sava Rahmadila, A., Khoiriyah, M., Nur Hasanah, M., & Siraj, T. (2022). Kedudukan Dan Peranan Guru Serta Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. TA’LIM: Jurnal Pendidikan

Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 16–23.

Sholehuddin, S. (2023). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Pemikiran Essensialisme Dalam

Filsafat Pendidikan. 1, 78–86.

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak

Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,

(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Tarbiyah, D. F., Ar-raniry, I., & Aceh, B. (n.d.). Konsep Pendidikan Islam ; Pendekatan Metode

Pengajaran.

Wali, M. (2023). PENULIS : Zulkifli M . Nurul Ma ’ arif Ade Risna Sari Purnama Rozak Novita

Sariani Tri Indah Prasasti Sopian Abdul Malik Iskandar Okpatrioka Fatma Darmadi

Muhammad Wali (Issue April).

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah

Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yunus, H. A. (2016). Telaah Aliran Pendidikan Progresivisme Dan Esensialisme Dalam

Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1).

https://doi.org/10.31949/jcp.v2i1.319

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Purwanti, Y., Khoiroh, A., & El Yunusi, M. Y. M. (2025). Peran Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Esensialisme. Educatio, 20(1), 243–252. https://doi.org/10.29408/edc.v20i1.27240