Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v19i2.27688Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, Society 5.0, Pendidikan.Abstract
Penelitian ini mengkaji peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah di bidang pendidikan dalam menghadapi tantangan dan peluang era Society 5.0. Penelitian ini mengeksplorasi konsep Society 5.0, karakteristik kepemimpinan transformasional dan dampaknya terhadap institusi pendidikan melalui metode kajian literatur. Temuan menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memainkan peran penting dalam mempersiapkan sekolah menghadapi era Society 5.0 dengan menetapkan visi yang jelas, memotivasi tim, mendorong inovasi dan memperkuat budaya belajar. Kepemimpinan ini berdampak positif terhadap peningkatan kinerja pendidik, motivasi, pengembangan profesional, dan menciptakan lingkungan belajar yang beradaptasi dengan perubahan teknologi dan sosial. Singkatnya, kepemimpinan transformasional kepala sekolah adalah kunci untuk mengoptimalkan peluang, mengatasi tantangan era Society 5.0, dan memastikan relevansi dan kualitas pendidikan di masa depan.
References
Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 19–29.
Dermawan, H., & Sumarni, S. (2024). Basic Education in the Era of Society 5 . 0 : Opportunities and Challenges. 1(4), 180–187.
Dreitsohn Franklyn Purba, D. (2023). Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Mengembangkan Kepemimpinan Pendidikan Unggul Di Era Revolusi. 3(1), 1–8.
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan SPOTLIGHT, August, 47–50. http://www8.cao.go.jp/cstp/
Humairoh, T., Isa Anshori, M., Raya Telang, J., Kamal, K., & Timur, J. (2023). Studi Kepemimpinan Transformasional Dalam Kajian Literatur. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(3), 103–117. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i2
IAI Sunan Giri Ponorogo, S. S., & Azizah, S. M. (2021). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional Di Lembaga Pendidikan Islam. AL-MIKRAJ : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN: 2745-4584), 1(2), 68–77. https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i2.763
Lumban Gaol, N. T., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73
Ngadimin, N., & Wuradji, W. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Kedisiplinan Terhadap Pengembangan Karir Guru SD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 18–29. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i1.1467
Rahim, R., Nadifah, N. I., Tamara, T., Maizah, S., & Apriliani, S. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Administrasi Pendidikan Guru Di Mi Hajar Abyadl Sangatta Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(2), 34–46. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v3i2.42
Shiroishi, Y., Uchiyama, K., & Suzuki, N. (2018). Society 5.0: For Human Security and Well-Being. Computer, 51(7), 91–95. https://doi.org/10.1109/MC.2018.3011041
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Liyana Qayyimah, Aris Purnama Putra, Putri Adelia Rizaldy, Supriyadi Supriyadi, Amrina Izzatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.