Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SD
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v19i2.27741Keywords:
motivasi, orang tua, peserta didikAbstract
Faktor terpenting dalam Pendidikan adalah adanya peran keluarga khususnya orang tua. Kurang nya perhatian orang tua kepada anak dapat memperhambat proses belajar anak, salah satu dampak yang terjadi adalah kurangnya motivasi belajar anak, hal penting dalam belajar adalah adanya motivasi, karena motivasi adalah sebagai penggerak dalam proses belajar. Rendahnya motivasi belajar dapat berdampak dalam proses pembelajaran, kurang semangat belajar, prestasi peserta didik dan juga melanggar peraturan yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa pentingnya peran lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dan apa saja kendala yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif, Penentuan sumber data menggunakan teknik random sampling atau probability sampling dengan sumber informan yaitu wali murid SDN 1 Sidodadi dengan jumlah 35 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner dan annalisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil studi menunjukan bahwa keluraga memiliki peran penting dalam motivasi belajar anak dan beberapa faktor dari lingkungan keluarga yang dapat memengaruhi motivasi belajar peserta didik seperti keadaan ekonomi, latar belakang pendidikan keluarga dan berbagai kendala yang dihadapi ketika belajar dirumah
References
Hairiyah, S., & Arifin, S. (2020). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sejak Dini. Jurnal Kariman, 8(02), 279–294. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.150
Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.
Iskandar, J. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 96–107. https://doi.org/10.24252/edu.v1i1.22156
Keuangan, M. D. A. N., & Pramaswari, E. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar. 2(2), 77–82. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p77-82
Pada, B., & Sekolah, S. (2020). Pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa sekolah dasar. 3(20), 46–55.
Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1035
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241
Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. 7(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346
Siska Mayang Sari, Ennimay, & Tengku, A. R. (2019). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Pada Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1–7. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2833
Wulandari, Y. N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ani Nuryani, Alifah Puji Astuti, Yusuf Barruly, Supriyadi Supriyadi; Amrina Izzatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.