PENGARUH LEARNING CYCLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR, SIKAP, MINAT, DAN KETERAMPILAN PROSES DASAR IPA PESERTA DIDIK DI SD KECAMATAN GONDOKUSUMAN
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v6i2.29Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi learning cycle terhadap prestasi belajar IPA, sikap belajar IPA, minat belajar IPA, dan keterampilan proses dasar IPA peserta didik baik secara parsial maupun komprehensif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel terikat prestasi belajar IPA, sikap belajar IPA, minat belajar IPA, dan keterampilan proses dasar IPA sedangkan variabel bebasnya adalah strategi learning cycle dan konvensional. Subjek penelitian sebanyak 50 peserta didik. Instrumen pengumpulan data terdiri: (1) tes prestasi belajar IPA dan keterampilan proses dasar IPA, (2) skala sikap terhadap IPA, dan (3) angket minat terhadap IPA. Data dianalisis dengan menggunakan ANACOVA dan MANOVA pada taraf signifikansi 5 % (α = 0,05). Hasil penelitian ini adalah strategi learning cycle lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA, sikap belajar IPA, minat belajar IPA, dan keterampilan proses dasar IPA peserta didik baik secara parsial maupun komprehensif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Secara parsial hasil ANACOVA menunjukkan nilai: Fhit prestasi belajar IPA sebesar 6,888 dengan nilai sig = 0,012; Fhit sikap belajar IPA sebesar 14,808 dengan nilai sig = 0,000; Fhit minat belajar IPA sebesar 6,571 dengan nilai sig = 0,014; Fhit keterampilan proses dasar IPA sebesar 7,439 dengan nilai sig = 0,009. Secara komprehensif hasil MANOVA menunjukkan nilai Fhit prestasi belajar IPA adalah 5,216 dengan nilai sig = 0,027; Fhit sikap belajar IPA adalah 11,022 dengan nilai sig = 0,002; Fhit minat belajar IPA adalah 4,212 dengan nilai sig = 0,046; dan Fhit keterampilan proses dasar IPA adalah 5,729 dengan nilai sig = 0,021).