Implementasi Pendidikan Pancasila Berkebhinekaan Global Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Literasi Multikuktural Budaya Nusantara Siswa SD

Authors

  • Silvia Dwi Kusdiani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Feri Tirtoni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v20i1.29868

Keywords:

Berkebhinekaan Global, Karakter Literasi Multikultural, Pendidikan Pancasila

Abstract

Abstract

Indonesia is a country rich in ethnic, cultural and religious diversity. However, there is still a gap in the understanding and appreciation of differences among the younger generation, which can lead to intolerance and discrimination. Therefore, basic education is crucial in shaping students' characters to appreciate differences. Pancasila education with global diversity can be a means to instill multicultural values that can shape the character of multicultural literacy of Nusantara culture in students. This study aims to determine how the implementation of Pancasila education with global diversity in fostering the character of multicultural literacy of Nusantara culture in elementary school students. The research method used is descriptive qualitative with the research subject being one fourth grade teacher and three fourth grade students of SDN Tambakrejo 2 Krembung in the 2024/2025 school year. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation, and conclusion drawing. To test the validity of the data that has been obtained, using triangulation techniques. Based on the results of the study, it shows that the implementation of Pancasila education with global diversity has succeeded in fostering multicultural literacy characters in students. Through teaching Pancasila values and cultural activities such as folklore, traditional clothing competitions, and art performances, students are enthusiastic about learning and appreciating Indonesia's cultural diversity. Although there are obstacles such as difficulties in distinguishing local, national and global cultures, as well as the lack of interactive learning media, with the addition of innovation and more interesting learning resources, students' understanding of Indonesia's cultural diversity can be better.

 

Keywords: Global Diversity, Multicultural Literacy Character, Pancasila Education

 

Abstrak

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman suku, budaya, dan agama. Namun, masih ada kesenjangan dalam pemahaman dan penghargaan terhadap perbedaan di kalangan generasi muda, yang bisa menyebabkan intoleransi dan diskriminasi. Oleh karena itu, pendidikan dasar sangat penting dalam membentuk karakter siswa agar bisa menghargai perbedaan. Pendidikan Pancasila berkebhinekaan global dapat menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai multikultural yang dapat membentuk karakter literasi multikultural budaya Nusantara pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan Pancasila berkebhinekaan global dalam menumbuhkan karakter literasi multikultural budaya Nusantara pada siswa SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian satu guru kelas IV dan tiga siswa kelas IV SDN Tambakrejo 2 Krembung tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data yang telah diperoleh, menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan Pancasila berkebhinekaan global telah berhasil menumbuhkan karakter literasi multikultural pada siswa. Melalui pengajaran nilai-nilai Pancasila dan kegiatan budaya seperti cerita rakyat, lomba pakaian adat, dan pentas seni, siswa antusias mempelajari dan menghargai keberagaman budaya Indonesia. Meskipun ada kendala seperti kesulitan membedakan budaya lokal, nasional, dan global, serta kurangnya media pembelajaran interaktif, dengan penambahan inovasi dan sumber belajar yang lebih menarik, pemahaman siswa tentang keberagaman budaya Indonesia dapat lebih baik.

 

Kata kunci: Berkebhinekaan Global, Karakter Literasi Multikultural, Pendidikan Pancasila

References

Abdul Wahid, Sunardi, D. A. K. (2019). Membumikan Konstitusi Indonesia Sebagai Upaya Menjaga Hak Kebhinekaan. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Bachrudin, A. A., & Kasriman, K. (2022). Analisis Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Multikultural pada Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4505–4516.

Dr. Soni Sadono, M. M. (2023). Budaya Nusantara. Uwais Inspirasi Indonesia.

Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2021). Buku Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi.

Haryono, O., Firmansyah, Y., & Repelita, T. (2024). Peran PPKn sebagai pendidikan Multikultur dalam Meningkatkan Toleransi Siswa. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2144.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155.

Kurniawan, H. (2021). Tingkat Literasi Multikultural Mahasiswa Pendidikan Sejarah Dalam Memahami Materi Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(1), 83.

Kusliyanti, L., Rofida, G. E., Julianti, F. A., Nurhasanah, N., & Haryati, M. S. (2024). Implementasi Pembelajaran PKn Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 7362–7368.

Kusniawati, S., & Asari, S. (2024). Analisis Nilai Kebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 5013–5019.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mo’tasim, M., Mollah, M. K., & Nurhayati, I. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pandangan Banks. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 15(01), 72–90.

Nanggala, A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural. Jurnal Soshum Insentif.

Nanggala, A., Dewi, D. A., & Aljamaliah, S. N. M. (2024). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Dalam Memperkuat Karakter Berkebhinekaan Global Peserta Didik Sekolah Dasar. Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Nisa, Z. (2022). Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Al-Falah Deltasari Sidoarjo. 126.

Raihan, M. D., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Multikultural. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 770–781.

Ramdani, A. A. (2024). Pengaruh Model Jigsaw Dalam Pendidikan Pancasila Terhadap Literasi Multikultural Siswa Kelas Iv Sdn Pengasinan 01 Kota Depok. Αγαη, 15(1), 37–48.

Rangkuti, S. S., Zulhimma, Z., & Zulhammi, Z. (2022). Character Building In Cultural Perspective and Implementation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4557–4566.

Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (Sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665.

Salim, M. (2017). Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Perwujudan Ikatan Adat-Adat Masyarakat Adat Nusantara. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(1), 65–74.

Supatmo. (2021). Meneguhkan Literasi Multikultural melalui Pendidikan Seni: Perspektif dan Urgensi Pembelajaran Seni Budaya Abad 21 di Sekolah. JanaProsiding Seminar Nasional Pascasarjana, 32–38.

Wika Alzana, A., Harmawati, Y., & Pd, M. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51–57.

Yudha, R. A., & Aulia, S. S. (2023). Penguatan karakter kebhinekaan global melalui budaya sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 596–604.

Yunita, S., Saragih, J., & Sitepu, E. N. (2023). Implementasi Pkn Sebagai Agen Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Di Sd Ibrahim Umar No 060874 Medan. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora.

Downloads

Published

2025-04-14

How to Cite

Kusdiani, S. D., & Tirtoni, F. (2025). Implementasi Pendidikan Pancasila Berkebhinekaan Global Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Literasi Multikuktural Budaya Nusantara Siswa SD. Educatio, 20(1), 86–98. https://doi.org/10.29408/edc.v20i1.29868