Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Di SD Alam Ar-Rohmah Malang
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v20i1.29953Keywords:
Learning Motivation, Learning Facilities and Learning AchievementAbstract
This research aims to investigate and analyze the influence of learning motivation and learning facilities on the Arabic language learning achievement of students at SD Alam Ar-Rohmah Malang, using a quantitative approach with an associative research type. The study involved 32 students from class VB, employing a total sampling or census technique, which included the entire population. The research variables consisted of independent variables, namely learning motivation (X1) and learning facilities (X2), and a dependent variable, namely Arabic language learning achievement. Data analysis was conducted using multiple regression to predict fluctuations in the dependent variable. The results indicated that both learning motivation and learning facilities have a significant influence on students' Arabic language learning achievement, where an increase in motivation and quality of learning facilities correlates with an increase in learning achievement.
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahriadi, F., Partha, M. N., & Rahayu, V. P. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 21 Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 150–163.
Fitriyanti, V. (2020). Pengaruh Implementasi Manajemen Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar di SMA Negri 14 Kota Bandung. UPI Repository
Islamiyah, N. (2019), Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 3(1) 56-60
Japar, I.K. (2023), Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Bitung, Jurnal Mirai Management, 8(3), 181-188
Jazari, H.R. (2017), Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan
Jumiati, S. (2024), Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Siswa, Journal of Education Research, 5(2), 23-39
Mailani, E. (2024), Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(2) 44-49
Maulina, M. (2023), Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia Medan T.A 2022/2023, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 45-49
Novitasari, A. (2022), Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di UPTD SDN Wilayah I Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros, Jurnal EduTech, 8(2), 77-84
Palupi & Aprida,N. (2022) Peningkatan Literasi Di Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Putri. N.S. (2024), Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Student Research Journal, 2(5), 67-70.
Rahman, S. (2021), Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 5(3), 110-116
Salim, M. I. N., Auliyah, P. S., Aksan, I. S., Raja, A. F., Putra, R. A., & Wiratomi, Y. (2023). Perkembangan Kognitif Dan Kaitannya Dengan Prestasi Siswa Kelas XII SMAS Pusaka 1. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 3(2), 169-174
Salmiah (2021), Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 11(2), 34-40.
Salsabila,A. & Puspitasari, (2020), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar, Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 278-288
Sari, N.F. (2023), Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 3 SD 1 Sadang, Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Jurnal PGSD UNU NTB, 3(1), 45-52.
Serin, F.D. (2023), Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik, Journal on Education 6(1), 38-55
Sholeh, B. (2018), Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Nurul Iman Parung Bogor Tahun Ajaran 2017/2018, PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 44-49.
Siti, H. (2017) Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Membacakan Naskah Berita Menggunakan Strategi Practice-Rehearsal Pairs’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 35–40.
Sitompul, M., & Banjarnahor, H. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar Dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Mahasiswa Prodi Akuntansi Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (25), 548-558.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Suparman (2023), Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 7(6), 67-72.
Utami, I.T (2020), Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia, Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2),13-23
Yeni, D.F. (2022), Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 1 X Koto Diatas, Jurnal Promosi, 133 Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(2),44-52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahyu Kurniawan, Najih Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.