PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI BIODIVERSITAS TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA

Authors

  • Asiatun Asiatun Program Studi Biologi STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v8i2.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah  berorientasi biodiversitas terhadap: (1) aktivitas belajar, (2) prestasi belajar, dan (3) secara simultan terhadap aktivitas dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas VII MTs.Mu’allimat NW Pancor. Populasi penelitian ini berjumlah 180 siswa dan 72 siswa diambil secara random sebagai sampel penelitian. Desain penelitian ini adalah Post-tes Only Control Group. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi dan prestasi belajar IPA dikumpulkan dengan tes. Data  dianalisis dengan uji Manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)  terdapat perbedaan   yang signifikan aktivitas belajar antara siswa yang mengikuti penerapan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi biodiversitas dengan pembelajaran langsung (F = 10,680; p < 0,05), (2) terdapat perbedaan   yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti penerapan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi biodiversitas dengan pembelajaran langsung (F = 25,010 ; p < 0,05), dan  (3) secara simultan terdapat perbedaan   yang signifikan aktivitas dan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti penerapan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi biodiversitas dengan pembelajaran langsung (F = 14,604 ; p < 0,05).

Published

2013-12-02

Issue

Section

Artikel