Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMA Baitul Hikmah di Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, melalui Program Edukasi dan Kesadaran akan Penggunaan Media Digital yang Bijak

Authors

  • Ade Rukmana Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Garut, Garut, Indonesia
  • Sifa Nurpadillah Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Garut, Garut, Indonesia
  • Irman Nurichsan Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Garut, Garut, Indonesia
  • Beni Wijaya Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Garut, Garut, Indonesia
  • Yayang Helma Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Garut, Garut, Indonesia
  • Sani Mochsopian Sani Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v20i2.30064

Keywords:

Literasi digital; Teknologi; Etika internet; Siswa; Pengabdian kepada masyarakat.

Abstract

This community outreach program seeks to improve digital literacy among students at Baitul Hikmah Senior High School in Tarogong Kaler, Garut, who are facing challenges in using technology effectively. The primary goal of this initiative is to enhance students’ understanding of digital literacy by emphasizing responsible internet behavior and encouraging critical thinking when evaluating information. The program includes an initial assessment, distribution of digital literacy content, interactive Q&A sessions, and a follow-up evaluation. Findings show that students' understanding improved, with post-program scores showing a marked increase compared to their earlier assessments. This initiative contributes significantly to developing students’ recognition of the value of digital literacy, enabling them to better engage in both academic settings and daily life in the digital era.

References

Abdul Kahfi Meningkatkan Kemampuan Memilih Literatur Belajar Pada Siswa Melalui, A., & Abdul Kahfi, A. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMILIH LITERATUR BELAJAR PADA SISWA MELALUI PELATIHAN DIGITAL LITERACY. 2(2), 74–79. https://doi.org/10.33369/abdimas.v2i2.37236

Ajani Restianty. (2018). 28380-61425-1-SM. Jurnal Kehumasan, 1(1), 73–87. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/viewFile/28380/12849

Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Mega Rezkiana, N., Manda, D., Octamaya, A., & Awaru, T. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Bosowa School Makassar. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10407/8345

Montessori, M., Indrawadi, J., Prodi, M. T., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2022). Pelatihan Literasi Digital dalam Pembelajaran PPKn bagi Guru PPKn SMA. In Cultural and Politics (Vol. 2).

Muchtarom, M., Pramanda, A. Y., & Hartanto, R. V. P. (2018). PENGUATAN ETIKA DIGITAL PADA SISWA UNTUK MENANGGULANGI PENYEBARAN BERITA BOHONG (HOAX) DI MEDIA SOSIAL MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. PAEDAGOGIA, 21(2), 142. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i2.23922

Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Rahman, M. fauzi, Yuliantini, A., Hakim, A. F., Nur’aeni, S., Anri, A., Restiani, A., Lutpiah, S. I., & Santosa, G. V. (2023). Etika Bermedia Sosial Di Lingkungan Pelajar SMP Dan SMA Di Kota Bandung Sebagai Upaya Pemahaman Literasi Digital. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(2), 255–263. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i2.1161

Sari, Y., & Prasetya, D. H. (2022). LITERASI MEDIA DIGITAL PADA REMAJA, DITENGAH PESATNYA PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 8(1), 12–25.

Sega, O. :, & Sari, S. (2019). KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL KALANGAN SISWA SMP DAN SMA DI DAERAH PEDESAAN KABUPATEN BLITAR.

Tanti Fajriani Aisyah. (2022). LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN DARING Tanti Fajriani Aisyah. In Jurnal Perpustakaan dan Informasi (Vol. 16).

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN ETIKA BERDIGITAL BAGI PELAJAR DI KOTA PALEMBANG. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203

Tri Romadloni, N., Resi Intan Penatari, Nisa Dwi Septiyanti, Wakhid Kurniawan, Rauhulloh Ayatulloh Khomeini Noor Bintang, & Cucut Hariz Pratomo. (2024). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Melalui Pengembangan Kapasitas Guru. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 47–55. https://doi.org/10.47065/jpm.v5i1.2005

Utaminingsih, S., Astuti, S., Rahayu, S., Afriyanti, S., Nasuha Nurdin, T., & Pamulang, U. (2024). Penerapan Kepemimpinan Organisasi Sekolah pada Siswa di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(3), 203–208. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/index

Veronika Br Ginting, R., Arindani, D., Mega Wati Lubis, C., & Pramai Shella, A. (2021). LITERASI DIGITAL SEBAGAI WUJUD PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASI. In JURNAL PASOPATI (Vol. 3, Issue 2). http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Rukmana, A., Nurpadillah, S., Nurichsan, I., Wijaya, B., Helma, Y., & Sani, S. M. (2025). Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMA Baitul Hikmah di Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, melalui Program Edukasi dan Kesadaran akan Penggunaan Media Digital yang Bijak. Educatio, 20(2), 276–283. https://doi.org/10.29408/edc.v20i2.30064