Efektivitas Media Wordwall Dalam Pembelajaran Idiom Bahasa Sunda

Authors

  • Vinia Marliyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nunuy Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Haris Santosa Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v20i2.30131

Keywords:

Sundanese language, Wordwall media, idiom learning, bahasa Sunda, media Wordwall, pembelajaran idiom

Abstract

Sundanese idioms represent a vital component of local cultural wisdom that must be preserved and understood by younger generations. Nowadays, the effectiveness of teaching these idioms has declined due to limited student engagement and comprehension. This study investigates the effectiveness of using Wordwall media in enhancing students' understanding of Sundanese idioms. Employing a one-group pretest–posttest experimental design, data were collected from 34 eighth-grade students at SMP Negeri 29 Bandung. Students were assessed through tests administered before and after the implementation of Wordwall-based instruction. Data analysis, conducted using SPSS version 27 and Google Spreadsheet, revealed a notable improvement in student performance—from an average pretest score of 55 to a posttest score of 80. A Wilcoxon test indicated a statistically significant difference (p = 0.000 < 0.05) between pretest and posttest results. These findings confirm that Wordwall media effectively supports the learning of Sundanese idioms and contributes to the development of innovative and engaging language learning tools.

 

Idiom bahasa Sunda sebagai bagian dari kearifan lokal, sangat penting untuk dipahami generasi muda. Dewasa ini, pembelajaran idiom bahasa Sunda menjadi kurang efektif akibat minimnya perhatian dan pemahaman dari siswa. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui seberapa efektif penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran idiom bahasa Sunda. Metode eksperimen dalam bentuk one group pretest – posttest design menjadi metode yang diterapkan dalam penelitian ini.  Peneliti memilih sumber data dari 34 siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 29 Bandung. Data penelitian berasal dari tes yang mengukur kemampuan siswa terkait idiom bahasa Sunda, baik sebelum maupun sesudah penggunaan media Wordwall. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 27 dan Google Spreadsheet. Berdasarkan hasil penelitian, media Wordwall terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa terkait idiom bahasa Sunda. Tercatat rata-rata nilai prates siswa awalnya sebesar 55, kemudian naik menjadi 80 pada saat posttest.  Kemampuan siswa mengalami kenaikan sebesar 25 poin setelah menggunakan media Wordwall dibandingkan sebelumnya. Uji Wilxocon terkait nilai pretest dan posttest menunjukkan signifikansi nilai sebesar 0,000, lebih rendah dari 0,05. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan siswa pada awal dan akhir pembelajaran. Kesimpulannya, media Wordwall terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa terkait idiom bahasa Sunda. Penelitian ini juga berkontribusi pada pengembangan media pembelajaran bahasa Sunda menjadi lebih inovatif dan menarik.

References

Adabiah, R. . C. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall untuk Menyukseskan Pembelajaran Majas di Sekolah Dasar. Journal of Social Science and Multidisciplinary Analysis, 1(2).

Adriyani, FN.; Anggraeni; Prasetiani, D.; Siregar, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Digital Game Based Learning Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Mandarin Kelas X SMKN 2 Semarang. Longda Xiokan: Journal of Mandarin Learning and Teaching, 5(2), 54–58.

Agusti, N. A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan (S. Saleh (ed.); Pertama). CV. Widya Puspita.

Ariandini, N.; Ramly, R. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2).

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. PT. Rineka Cipta.

Azizah, TNA.; Arifin, S.; Puspitasari, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Menunjang Pemahaman Konsep Siswa. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5).

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.

Fariza, H. (2017). Perancangan media pembelajaran babasan bagi siswa tingkat sekolah dasar kelas 4-6. Universitas Telkom.

Hikma, N; Santoso, A; Zahro, A. (2024). Pemanfaatan Media Wordwall Berbantuan Anagram dalam Meningkatkan Imajinasi Keterampilan Menulis Teks Fantasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(4).

Jakawali, G.; Nugraha, H. (2023). Media Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Guguritan. LOKABASA: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Daerah Serta Pengajarannya, 14(1), 53–63. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jlb.v14i1.58933

Kosasih, D. (2018). Idiom Sunda sebagai landasan pengembangan pendidikan kedamaian [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/36340

Kuswari, U. (2010). Evaluasi pembelajaran bahasa. JPBD FPBS UPI.

Nugraha, H. (2013). Peribahasa Sunda (Kajian Struktur, Semantik, dan Psikolinguistik). LOKABASA: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Daerah Serta Pengajarannya, 3(1), 53–66.

Nuh, MW; Susilo, J; Sotlikova, R. (2024). Efektivitas Wordwall pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Anuva, 2(2), 101. https://doi.org/https://doi.org/10.63629/anufa.v2i2.101

Nursella. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.70437/jedu.v2i1.14

Pemprov. Jawa Barat Dinas Pendidikan. (2022). Buku saku kurikulum merdeka bahasa Sunda paud, sd, smp, sma, smk, & slb.

Rachmah, MN; Firdaus, MNA; Aini, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Wordwall pada Materi Pecahan Campuran. Nusantara Educational Review, 2(2), 65–70.

Rahmawati, I.; Nurjanah, N; Isnendes, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva untuk Menulis Aksara Sunda. JALADRI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah, 10(1), 42–47.

Riyaldi, A.; Harisah, S.; Hontang, M. (2024). Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI A SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.47827/jer.v5i3.356

Rosdiani, L., Munawar, B., & Dewi, R. (2021). Pelatihan membuat game edukasi wordwall untuk guru di Kelurahan Keraton. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247–255. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/jabb.v2i2.138

Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2019). Ragam media pembelajaran. Literasi Nusantara.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi quizizz dan wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. 4(4), 195.

Sinaga, Y., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya membangun kedisiplinan melalui media pembelajaran wordwall dalam pembelajaran daring pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845.

Sudaryat, Y. (2018). Pakeman basa Sunda: ulikan idiomatik Sunda (Elektronik). PT. Dunia Pustaka Jaya.

Sugeng, Suparman, T., & Riyanto, W. (2015). Penggunaan peribahasa Sunda sebagai sumber kearifan lokal di Kecamatan Luragung.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Usman, Musfirah, & Asti, A. F. (2023). Efektifitas media wordwall berbasis game terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 145 Barru. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2023 “Penguatan Riset, Inovasi, Kreativitas Peneliti Di Era 5.0.”

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Marliyani, V., Nurjanah, N., & Nugraha, H. S. (2025). Efektivitas Media Wordwall Dalam Pembelajaran Idiom Bahasa Sunda . Educatio, 20(2), 327–336. https://doi.org/10.29408/edc.v20i2.30131