Pola Asuh Keluarga Dalam Pembentukan Karakter Pada Perkembangan Anak Di MI Darussalam
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v20i2.30384Keywords:
Family Role, Character Education, PERAN KELUARGA, PENDIDKAN KARAKTERAbstract
One of the roles parents play is in providing education, both formal and non-formal, there is education that is no less important in children's development, named character education. However, not all parents have a opportunity to provide character education to their children directly, whether because they are busy at work or other factors. This study to identify the role of the family in character education of children who are raised by grandparents. This researchuses a qualitative approach with a phenomenological method involving 3 participants using the in-depth interview method, with data analysis using Collaizzi's nine-step technique (1978).
Salah satu tanggung jawab orang tua adalah memberikan pendidikan kepada anak-anak, baik yang bersifat resmi maupun non-resmi, ada pendidikan yang yang tak kalah penting pada perkembangan anak, yaitu pendidikan karakter. Namun tidak semua orang tua berkesempatan memberikan pendidikan karakter pada anak secara langsung, entah karena sibuk dalam pekerjaan ataupun faktor lainnya. Studi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga terhadap pendidikan karakter anak yang diasuh oleh kakek nenek. Adapun penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif fenomenologi untuk partisipan tiga orang dengan metode indepeth interview, dengan analisis data menggunakan teknik sembilan langkah Collaizi (1978). Pengumpulan data (dokumentasi), suatuyang diadakan berupa hasil penelitian ini menjabarkan terkait fungsi keluarga, di antaranya adalah fungsi atau manfaat, perlindungan atau proteksi, fungsi kebersamaan/afeks, fungsi sosialisasi/tugas kewajiban, fungsi religi, fungsi ekonomi, fungsi rekreasi sebagai tempat ternyaman, fungsi biologis dan tempat ternyaman. Peran keluarga terhadap pendidikan akhlak terhadap anak tahap perkembangan dalam keluarga adalah sekolah pertama kali bagi seorang anak dalam menerima pendidikan.
References
Ana, S. R. (2022). KEMANDIRIAN FISIK DAN KEMATANGAN EMOSI ANAK YANG DIASUH OLEH NENEK DI DESA TRIBUANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).
Anik Indramawan. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 109–119. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.122
Baumrind, D. (1971). Current patterns of parental authority. Developmental Psychology Monograph, 4(1, Pt.2), 1–103.
Belsky, J. (1984). The determinants of parenting: A process model. Child Development, 55(1), 83–96.
Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. Character Education Partnership.
Darling, N., & Steinberg, L. (1993). Parenting style as context: An integrative model. Psychological Bulletin, 113(3), 487–496.
Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2021). Dampak Pengasuhan Kakek dan Nenek. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 342. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40910
Dini, P. P. A. U. (2022). Peranan Pengasuhan Kakek dan Nenek terhadap. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 173-181.
Enjang, S. L. R., Nugraheni, S. A., Harahap, S. O. P., Nugroho, R. A., Dewi, S. A., & Janise, Y. D. E. Dampak Peralihan Peran Orang tua Kepada Kakek Nenek Terhadap Kehidupan Sosial Remaja The Impact of Transitioning the Role of Parents to Grandparents on Teenagers' Social Life.
Fono, Y. M., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 537.
Fridayanti, D. A. N. (2021). Pengaruh Pola Asuh Grandparenting Terhadap Perilaku Sosial Remaja (Studi Kasus di Desa Manuk Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Indramawan, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1)
JAMILA, A. D. PERAN KAKEK DAN NENEK DALAM PENGASUHAN ANAK.
Lamb, M. E. (1997). The role of the father in child development (3rd ed.). New York: Wiley.
NURAHMAN, P. A. GRANDPARENTING DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DAN SPIRITUAL ANAK PADA ORANG TUA MERANTAU.
Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831
Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229-1239.
Puspytasari, H. H. (2022). Peran keluarga dalam pendidikan karakter bagi anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1-10.
Putri, A. D., & Izzati, I. (2020). Pelaksanaan perkembangan kemandirian anak yang Diasuh oleh grandparent. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1269-1277.
Ramdani, C., Miftahudin, U., & Latif, A. (2023). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 12–20. https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/download/103/82/261
Sadruddin, M. M. (2011). Role of grandparents in the lives of children: A qualitative study. The Family Journal, 19(2), 124–132.
Streubert, H.J., 1999, Qualitative Research in Nursing: Advancing the Humanitie, Philadelphia: Lippino
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatfi Kualitatif dan R&D, Bandung: AlfaBeta
Sukiyani, F. (2014). Pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 131–142. http://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/5290%0Ahttp://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/viewFile/5290/4588
Sumargi, A. M., Prasetyo, E., & Andriono, M. A. (2020). Pengasuhan ibu dan nenek-kakek: keterkaitannya dengan penyesuaian keluarga dan perilaku bermasalah anak. Mediapsi, 6(1), 4-16.
Tanjung, H. S., Nay, F. A., & Achmad, I. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(1), 131-142.
Witarsa & Rahmat Ruhayana (2021), Pendidikan Karkter, Margahayu Permai, Bandung, YRAMA WIDYA W.-K. Chen, Linear Networks and Systems. Belmont, CA: Wadsworth, 1993, pp. 123-135.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al Khikmatul Maulidiyah, Zuyyina Fihayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.