Inovasi Dalam Pembentukan Karakter: Melalui Nilai Karakter Religius, Integritas, Dan Mandiri Di SD Muhammadiyah 2 Krian

Authors

  • Achmad Fandra Maulana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Zuyyina Fihayati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v20i2.30672

Keywords:

Pendidikan Karakter, Nilai Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mendeskripsikan penerapan pada nilai karakter religius, integritas, serta kemandirian ketika kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah 2 Krian. Metode yang digunakakan merupakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan teknik pengumpulan data lewat pengamatan, wawancara, juga dokumentasi. Hasil pada penelitian mengindikasikan bahwasannya sekolah secara teratur mengimplementasikan nilai religius melalui kegiatan salat Dhuha, membaca Al-Qur’an,serta perayaan sepert hari besar Islam. Nilai integritas diajarkan dengan membiasakan sikap jujur, bertanggung jawab, dan tidak menyontek. Oleh karena itu, nilai kemandirian dikembangkan melalui kegiatan seperti piket kelas dan pengelolaan acara oleh peserta didik. Para guru dan kepala sekolah memainkan peran penting sebagai contoh dan penggerak utama dalam pendidikan karakter. Namun, ada beberapa masalah seperti minimnya pemahaman peserta didik tentang makna nilai-nilai karakter, waktu yang terbatas, dan rendahnya partisipasi orang tua. Meskipun demikian, penerapan nilai-nilai karakter di SD Muhammadiyah 2 Krian menunjukkan komitmen yang kuat guna mewujudkan pendidikan karakter yang berkesinambungan juga sesuai pada tujuan pendidikan nasional.

References

Afni, N., & Arimbi, W. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. 6(6), 6409–6416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042

Ahmadi Muhammad Zul, Haris Hasnawi, & Akbal Muhammad. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 306.

Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791

Annisa, F., Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Penerapan Karakter Religius , Nasionalis , Dan Integritas Dalam Budaya Sekolah Dasar. 122–132.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.405

Faruq, D. J., Wahidah, N., & Mukhsin, M. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Islami Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 25–33. https://doi.org/10.62097/au.v5i2.1583

Fiqri Kukuh Rahma Linda, & Sekolah. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(3), 2013–2015.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Muslim, F., Sulistiawan, A., Sawita, N., Kusmana, A., Muhammadiyah, U., Bungo, M., Jambi, U., Karakter, P., & Dasar, S. (2023). PENGARUH TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBENTUKAN. 8(2), 410–418.

Nazaruddin, N., & Mariyah, S. (2023). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Gemar Membaca pada Anak Usia Sekolah Dasar. 4(2), 637–644.

Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586

Rika Widianita, D. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sukma, H. H. (2021). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 85–92. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.13

Taufiqur Rahman, & Siti Masyarafatul Manna Wassalwa. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Fandra Maulana, A., & Fihayati, Z. (2025). Inovasi Dalam Pembentukan Karakter: Melalui Nilai Karakter Religius, Integritas, Dan Mandiri Di SD Muhammadiyah 2 Krian. Educatio, 20(2), 419–430. https://doi.org/10.29408/edc.v20i2.30672