Inovasi Dalam Pembentukan Karakter: Melalui Nilai Karakter Religius, Integritas, Dan Mandiri Di SD Muhammadiyah 2 Krian
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v20i2.30672Keywords:
Pendidikan Karakter, Nilai Karakter, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mendeskripsikan penerapan pada nilai karakter religius, integritas, serta kemandirian ketika kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah 2 Krian. Metode yang digunakakan merupakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan teknik pengumpulan data lewat pengamatan, wawancara, juga dokumentasi. Hasil pada penelitian mengindikasikan bahwasannya sekolah secara teratur mengimplementasikan nilai religius melalui kegiatan salat Dhuha, membaca Al-Qur’an,serta perayaan sepert hari besar Islam. Nilai integritas diajarkan dengan membiasakan sikap jujur, bertanggung jawab, dan tidak menyontek. Oleh karena itu, nilai kemandirian dikembangkan melalui kegiatan seperti piket kelas dan pengelolaan acara oleh peserta didik. Para guru dan kepala sekolah memainkan peran penting sebagai contoh dan penggerak utama dalam pendidikan karakter. Namun, ada beberapa masalah seperti minimnya pemahaman peserta didik tentang makna nilai-nilai karakter, waktu yang terbatas, dan rendahnya partisipasi orang tua. Meskipun demikian, penerapan nilai-nilai karakter di SD Muhammadiyah 2 Krian menunjukkan komitmen yang kuat guna mewujudkan pendidikan karakter yang berkesinambungan juga sesuai pada tujuan pendidikan nasional.
References
Afni, N., & Arimbi, W. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. 6(6), 6409–6416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042
Ahmadi Muhammad Zul, Haris Hasnawi, & Akbal Muhammad. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 306.
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791
Annisa, F., Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Penerapan Karakter Religius , Nasionalis , Dan Integritas Dalam Budaya Sekolah Dasar. 122–132.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.405
Faruq, D. J., Wahidah, N., & Mukhsin, M. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Islami Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 25–33. https://doi.org/10.62097/au.v5i2.1583
Fiqri Kukuh Rahma Linda, & Sekolah. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(3), 2013–2015.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Muslim, F., Sulistiawan, A., Sawita, N., Kusmana, A., Muhammadiyah, U., Bungo, M., Jambi, U., Karakter, P., & Dasar, S. (2023). PENGARUH TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBENTUKAN. 8(2), 410–418.
Nazaruddin, N., & Mariyah, S. (2023). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Gemar Membaca pada Anak Usia Sekolah Dasar. 4(2), 637–644.
Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586
Rika Widianita, D. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Sukma, H. H. (2021). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 85–92. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.13
Taufiqur Rahman, & Siti Masyarafatul Manna Wassalwa. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Fandra Maulana, Zuyyina Fihayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.