PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SDN 2 PANCOR

Authors

  • Atiaturrahmaniah Atiaturrahmaniah Program Studi PGSD STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v6i2.31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada pelajaran matematika di SDN 2 Pancor dengan metode jarimatika. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 2 Pancor Kecamatan Selong yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan II yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing) dan refleksi (Reflecting). Metode pengumpulan data meliputi: tes, obervasi, wawancara, dan angket respons siswa. Adapun Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 2 Pancor Kecamatan Selong yang terdiri dari 30 siswa.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi kemampuan berhitung maupun hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika termasuk pada kategori baik. Hasil tes yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan jarimatika  mempunyai dampak yang baik terhadap katerampilan berhitung siswa. Hal ini dilihat dari hasil observasi siswa pada siklus I dengan rata-rata 27,7 meningkat menjadi 37,17 pada siklus II dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 82,3 dengan ketuntasan klasikal 83% meningkat menjadi 84,67 untuk nilai rata-rata dengan ketuntasan klasikal mencapai 93,3%, termasuk dalam kategori ketuntasan belajar sangat baik.

 Kata kunci: metode jarimatika, kemampuan berhitung

Published

2011-12-05

Issue

Section

Artikel