KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SURALAGA

Authors

  • I Dewa Putu Partha Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v6i2.32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah (X1), Iklim Kerja (X2), dan Motivasi Kerja (X3)terhadap Kinerja Guru (Y) baik secara terpisah maupun secara simultan . Populasi penelitian ini berjumlah 204 orang guru. Penentuan sampel menggunakan pendapat Roscoe dengan jumlah sampel 40 orang dengan teknik Proporsional random sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan expost facto, dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi, dan dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terdapat kontribusi yang signifikan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui persamaan garis regresi á¿©=117.281+0, 319 X1 dengan SE = 15,066%(2) terdapat kontribusi yang signifikan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru melalui persamaan regresi á¿©=83.403+0, 619X2 dengan SE= 12,919%(3) terdapat kontribusi yang signifikan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru melalui persamaan garis regresi á¿©=69.631+0, 663X3 dengan SE= 12,555% (4) terdapat kontribusi yang signifikan secara simultan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru melalui persamaan garis regresi á¿©=22.207+0, 475 X1+0, 824X2+0, 223 X3dengan sumbangan efektif sebesar 40,50%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja berkontribusi secara signifikan terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Suralaga.

Kata Kunci: Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.

Published

2011-12-05

Issue

Section

Artikel