Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Learning terhadap Materi Akidah Akhlak Di Mi NU Suryawiyyah

Authors

  • Velly Desi Ayu Fatimah Universtas Islam Negeri Sunan Kudus
  • Farid Khoeroni Universtas Islam Negeri Sunan Kudus
  • Sanusi Sanusi Universitas Islam Negeri Sunan Kudus

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v20i3.32942

Keywords:

Materi Akidah Akhlak, Model Pembelajaran, Kooperatif Learning

Abstract

Abstract

The research is aim to analysis the implementation of the implementation of the Cooperative Learning learning model to the Akidah Akhlak materials at one of the educational institutions in Mejobo, Kudus. This research used a descriptive qualitative research method with data collection through reflection, interviews, field research, and literature searches or online studies that support the research. The data analysis method is carried out using the analytical descriptive method through data reduction, data presentation, and finding conclusions. The results of this research stated that the application of the Cooperative Learning learning model on the Akidah Akhlak materias was able to encourage students' enthusiasm for learning to improve student learning achievement in learning Akidah Akhlak, this was indicated by a positive response from students after a trial of the application of the Cooperative Learning learning model on learning Akidah Akhlak. The implementation of the Cooperative Learning learning model that was carried out did not face significant obstacles, it's just that there were several groups of students who had not experienced following active learning models such as cooperative learning so that they had the potential to experience difficulties in the learning process, especially in making mind mapping.

 

Kata kunci: Akidah Akhlak Material, Learning Models, Cooperative Learning

 

Abstrak

Penelitian ini berorientasi pada analisis implementasi model pembelajaran Kooperatif pada pembelajjaran materi Akidah Akhlak di salah satu Lembaga pendidikan di Mejobo, Kudus. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data observasi, wawancara, penelitian lapangan, dan penelusuran literatur atau kajian online yang mendukung penelitian. Metode analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analitik melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi model pembelajaran Kooperatif Learning pada materi pembelajaran Akidah Akhlak mampu endorong semangat belajar siswa hingga meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak, hal tersebut ditandai dengan adanya respon positif dari siswa setelah dilakukan uji coba penerapan model pembelajaran Kooperatif pada pembelajaran Akidah Akhlak. Implementasi penerapan model pembelajaran Kooperatif yang dilakukan tidak menghadapi kendala yang berarti, hanya saja terdapat beberapa sekelompok siswa yang belum berpengalaman mengikuti model pembelajaran aktif seperti kooperatif learning sehingga berpotensi mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran utamanya dalam pembuatan mind mapping.

 

Kata kunci: Materi Akidah Akhlak, Model Pembelajaran, Kooperatif Learning

 

References

Agista, Hairunnisa, Nyiayu Alya Haliza, Natasya Arobia Husaini, Dwi Setiawati, and Dwi Noviani. 2023. “Aplikasi Metode Inquiry; Kelebihan Dan Kelemahannya Dalam Pembelajaran Fiqih.” Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) 1(1):77–86. doi: 10.00000/pjpi.v1n12023.

Ali, Ismun. 2021. “Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Mubtadiin 7(1):247–64.

Amelia, Nurul, and Nadia Aisya. 2021. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi.” BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 1(2):181–99. doi: 10.24952/alathfal.v1i2.3912.

Aprinawati, Iis. 2018. “Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 2(1):140–47. doi: 10.31004/basicedu.v2i1.35.

Dewi Muslihah Budi Utami, Sukari, Laila Hidayatul amin, Intan Ayu Wulandari. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas Ii Mim Sidokerto.” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 2(1):99–111. doi: 10.51878/teaching.v2i1.1080.

Faisal, Moh., Hotimah, and Ahmad Fadhlan. 2024. “Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN 12 Malaka Kabup a Ten Pangkep.” Journal of Education 4(3):1–18.

Farijan, Ahmad. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Merencanakan Eksperimen Dan Hasil Belajar PKn Di SMK Negeri 1 Sakra Tahun Pelajaran 2018/2019.” Fondatia 3(1):110–16. doi: 10.36088/fondatia.v3i1.220.

Hasudungan, Anju Nofarof. 2022. “Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan.” Jurnal DinamikA 3(2):112–26. doi: 10.18326/dinamika.v3i2.112-126.

Hermansyah. 2020. “Problem Based Learning in Indonesian Learning.” Social, Humanities, and Educations Studies (SHEs): Conference Series 3(3):2257–62.

Joko Susilo. 2025.“Wawancara Guru Pengampu.”

Julinar, Julinar, and Fazri Nur Yusuf. 2019. “Flipped Learning Model: Satu Cara Alternatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan 19(3):366–73. doi: 10.17509/jpp.v19i3.22330.

Khoirudina, Supriyanaha. 2021. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA KUTABUMI I TANGERANG, BANTEN.” Jurnal Inovasi Dan Kreativitas (JIKa) 1(2). doi: 10.30656/jika.v1i2.3820.

Krisnanto, Hery, Taufiqulloh Taufiqulloh, and Yoga Prihatin. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pelajaran Bahasa Inggris Di SMP Negeri 1 Pangkah.” Journal of Education Research 4(3):1495–1502.

MACHPUD, MACHPUD. 2022. “Pendekatan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sbk Kelas Vi Semester 2.” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 2(2):240–48. doi: 10.51878/teaching.v2i2.1343.

Magdanela, Ina, Nabilah Nur Jihan, and Elita Khoirunnisa. 2023. “Desain Pembelajaran Flipped Learning Sebagai Solusi Model Pembelajaran Pada Siswa Kelas 3 Sdn Salembaran 1 Kota Tangerang.” Adiba: Journal of Education 3(2):247–55.

Muh. Irfan Nugraha, Ritha Tuken, Abdul Hakim. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar.” PANISI JOURNAL OF EDUCATION 1(2):142–67. doi: 10.58660/periskop.v3i2.26.

Nababan, Damayanti. 2023. “Jurnal+Kontektual+Ctl+Christofel.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2(2):825–37.

Nuri Andini, Diyah Yusri. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas X Di MAN 2 Langkat.” JMI: JURNAL MILLIA ISLAMIA 1(2):126–37.

Nurul Inayah B. Upara, Hajrah Nabila Pitri, Yati Ismadi, Putri A. Ilham, dan Ahmad Afandi. 2024. “PROBLEMATIKA PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” Jurnal Pendidikan Guru Matematika 4(3).

Ramdani Al-Hasyim, Kasran, Masrina Rambe. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2(1). doi: 10.54371/jiepp.v4i1.370.

Rizkyani, Ayu, Iwan Hermawan, and Nur Aini Farida. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh.” Al-Mau’izhoh 5(2):247–56. doi: 10.31949/am.v5i2.7058.

Romli. 2022. “Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Pelajaran PAI Sebagai Salah Satu Inovasi.” Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 08(02):2614–0217. doi: 10.32923/edugama.v8i2.2590.

Rosmana, Primanita Sholihah, Sofyan Iskandar, R. A. Mipta, Miftahul Janah, Agitya Ratu Thifana, Revina Susanti, and Febby Putri Marini. 2022. “Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Pada Sekolah Dasar Di Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1):3678–84.

Sahir, Syafrida Hafni. 2022. Metodologi Penelitian. Yogjakarta: PENERBIT KBM INDONESIA.

Santoso, Adina Pamungkas Aman, Rizka Auliyah, Roisah Irfi, Dwipa Sumantri, and Arsal Asis. 2019. “Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Strategi Cooperative Learning.” Jurnal Kependidikan Islam 9(1):8.

Sholekha, I. Y. 2020. “Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati.” Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 4 606–16.

Solehah, Ass Miana, Dewi Yanti, and Mustaqim Hasan. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Mewujudkan Pembelajaran Humanistik Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX Di Madrsah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadiin.” Journal on Education 5(4):11166–73. doi: 10.31004/joe.v5i4.2041.

Susanti, Sani, Fitrah Aminah, Intan Mumtazah Assa’idah, Mey Wati Aulia, and Tania Angelika. 2024. “Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Dan Riset 2(2):86–93.

Downloads

Published

2025-12-07

How to Cite

Ayu Fatimah, V. D., Khoeroni, F., & Sanusi, S. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Learning terhadap Materi Akidah Akhlak Di Mi NU Suryawiyyah. Educatio, 20(3), 526–537. https://doi.org/10.29408/edc.v20i3.32942