UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN PATNERSHIP LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA SD

Authors

  • Zohrani Zohrani Program Studi PGSD STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v6i2.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe  STAD pada  siswa kelas IV SDN 2 Sandubaya Kab. Lombok Timur dengan mengambil sampel sebanyak 16 orang siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan meningkat. Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan kategori cukup baik (7,1) ke siklus 2 dengan kategori baik (7,9). Temuan lain adalah minat, keaktifan serta kreatifitas dalam dua siklus mengalami peningkatan. Berdasakan hasil penelitian ini maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe STAD efektif untuk meningkatkan aktivitas yang dibarengi dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Sandubaya Kab. Lombok Timur.

 Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar,  Kooperatif Tipe STAD

Published

2011-12-05

Issue

Section

Artikel