Pemanfaatan Exe Learning Sebagai Media Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3343Keywords:
Media Belajar, eXe LearningAbstract
Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada semua hal di dunia ini. Dalam bidang pendidikan, pembelajaran yang dilaksanakan tidak dimungkinkan dilaksanakan tatap muka luring, sehingga diperlukan media untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. eXe Learning merupakan aplikasi pembuatan media belajar jarak jauh secara daring yang sangat mudah penggunaan dan operasionalnya. Sehingga di SD Muhammadiyah Pahandut memanfaatkan eXe Learning sebagai media dalam pembelajaran di sekolah secara daring. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif untuk mendapatkan hasil deskriptif dalam pemanfaatan eXe Learning sebagai media belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media belajar eXe Learning dapat dikatakan cukup efektif namun masih ada beberapa kekurangan diantaranya tampilan yang terlalu sederhana dan isi kurang lengkap. Namun demikian media yang digunakan cukup memberikan dampak positif dalam pelaksanaan pembelajaran daring dari rumah. Untuk itu pemanfaatan eXe Learning ini akan dilanjutkan pada semester berikutnya.References
D. Mukhlas. 2017. â€Tutorial Modul eXe learningâ€. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Febryana, N. E., Septiana, N., & Rohmadi, M. (2021). Literasi Sains Siswa Kelas IX Dengan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Exe Learning Pada Materi Pewarisan Sifat. Bioeduca : Journal of Biology Education, 3(1), 67–78. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6638
Fitriyani. 2020. Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Islami Pada Materi Fisika | Fitriyani | Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). (t.t.). Diambil 21 April 2021, dari https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsnfa/article/view/78-84.
Lubis, A., & Napitupulu, E. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dengan Penggunaan Media Exelearning dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan lima puluh. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 3(2).
Machril, Sadzali Yunaifi, & Darwin. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Exe (Elearning Xhtml Editor) terhadap Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Medan. Jurnal Education Building, 1(1).
Ningrum, L. C., Rohmadi, M., & Yuliani, H. (2020). PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EXE LEARNING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS: DAMPAK BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR. Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1), 274–279.
Qomariyah, A. N. (2009). Perilaku penggunaan internet pada kalangan remaja di perkotaan. Universitas Airlangga Surabaya.
Rohmadi, Mukhlis & Septiana, Nurul. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring selama Masa Tanggap Darurat Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Online Pembelajaran IPA dalam Masa Pandemik Covid-19, 16 Juni 2020, 72–80. Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan.
Ruseffendi, H. E. T. "Perkembangan pendidikan matematika." (2014): 1-40.
Sepriadi, S., Rohmadi, M., & Syar, N. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis eXe-Learning Sebagai Penunjang Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 0(0), Article 0. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/1719
Septiana, N. (2020). Analisis Pemahaman Mahasiswa Prodi Tadris Biologi (TBG) Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Educatio, 15(1), 41–50. https://doi.org/10.29408/edc.v15i1.2339.