PENGEMBANGAN MODEL RANCANGAN PEMBELAJARAN MEMAHAMI WACANA LISAN DALAM KEGIATAN WAWANCARA DENGAN STRATEGI 3 M (MENIRU, MENULIS, MENAMPILKAN)

Authors

  • Suyanu Suyanu STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v4i1.40

Abstract

Berbicara merupakan salah satu aspek dari keterampilan berbahasa. Sebagai salah satu aspek keterampilan berbahasa maka dalam pembelajarannya tidak bisa dilepaskan dari ketiga keterampilan berbahasa lainnya. Salah satu strategi yang bisa dikembangkan dalam pembelajaran berbicara yaitu strategi 3M (Meniru, Menulis, dan Menampilkan). Dalam strategi ini, siswa pada permulaan pembelajaran diberi contoh topik wawancara untuk ditiru, kemudian siswa menulis sendiri bahan yang hendak dijadikan topik wawancara, dan selanjutnya siswa menampilkan topik wawancara yang sudah ditulis itu di depan siswa lainnya.

Published

2009-06-01

How to Cite

Suyanu, S. (2009). PENGEMBANGAN MODEL RANCANGAN PEMBELAJARAN MEMAHAMI WACANA LISAN DALAM KEGIATAN WAWANCARA DENGAN STRATEGI 3 M (MENIRU, MENULIS, MENAMPILKAN). Educatio, 4(1), 114–126. https://doi.org/10.29408/edc.v4i1.40

Issue

Section

Artikel