PEGARUH PENGGUNAAN MODEL DAUR BELAJAR (LEARNING CYCLE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SISWA KELAS XI MA MUALLIMAT NW PANCOR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v4i2.45Abstract
Salah satu kelemahan yang dimilliki oleh sebagian besar siswa, terutama siswa kelas XI MA Muallimat NW Pancor, yaitu, (1) lemah dalam proses berpikir kritis dan sikap, (2) kegiatan pembelajaran cenderung pasif, (3) sulit bekerja dalam kelompok, cenderung individualistis, (5) kurang termotivasi di dalam KBM. Untuk meminimalisasi kelemahan di atas peneliti mencoba menggunakan pembelajaran dengan model daur belajar (learning cycle). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan model daur belajar (learning cycle) lebih efektif secara sangat signifikan dibandingkan dengan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa.
Kata Kunci: daur belajar (learning cycle), kemampuan berpikir kritis, sikap