PEGARUH PENGGUNAAN MODEL DAUR BELAJAR (LEARNING CYCLE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SISWA KELAS XI MA MUALLIMAT NW PANCOR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Baiq Puspa Erlian Pendidikan Matematika STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v4i2.45

Abstract

Salah satu kelemahan yang dimilliki oleh sebagian besar siswa, terutama siswa kelas XI MA Muallimat NW Pancor, yaitu, (1) lemah dalam proses berpikir kritis dan sikap, (2) kegiatan pembelajaran cenderung pasif, (3) sulit bekerja dalam kelompok, cenderung individualistis, (5) kurang termotivasi di dalam KBM. Untuk meminimalisasi kelemahan di atas peneliti mencoba menggunakan pembelajaran dengan model daur belajar (learning cycle). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan model daur belajar (learning cycle) lebih efektif secara sangat signifikan dibandingkan dengan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa.

 Kata Kunci: daur belajar (learning cycle), kemampuan berpikir kritis, sikap

Published

2009-12-01

How to Cite

Erlian, B. P. (2009). PEGARUH PENGGUNAAN MODEL DAUR BELAJAR (LEARNING CYCLE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SISWA KELAS XI MA MUALLIMAT NW PANCOR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Educatio, 4(2), 72–83. https://doi.org/10.29408/edc.v4i2.45

Issue

Section

Artikel