getLocalizedCopyrightHolder() File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/lib/smarty/Smarty.class.php line 1869 Function: include("/home/uhs/public_html/e-journal/cache/t_compile/%%28^280^280EE005%%dublincore.tpl.php") File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/classes/template/PKPTemplateManager.inc.php line 211 Function: Smarty->_smarty_include(Array(2)) File: /home/uhs/public_html/e-journal/cache/t_compile/%%35^350^3508C2FA%%header.tpl.php line 33 Function: PKPTemplateManager->_smarty_include(Array(2)) File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/lib/smarty/Smarty.class.php line 1869 Function: include("/home/uhs/public_html/e-journal/cache/t_compile/%%35^350^3508C2FA%%header.tpl.php") File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/classes/template/PKPTemplateManager.inc.php line 211 Function: Smarty->_smarty_include(Array(2)) File: /home/uhs/public_html/e-journal/cache/t_compile/%%38^38D^38D7420B%%article.tpl.php line 6 Function: PKPTemplateManager->_smarty_include(Array(2)) File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/lib/smarty/Smarty.class.php line 1256 Function: include("/home/uhs/public_html/e-journal/cache/t_compile/%%38^38D^38D7420B%%article.tpl.php") File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/classes/template/PKPTemplateManager.inc.php line 296 Function: Smarty->fetch("article/article.tpl", Null, Null, True) File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/classes/template/PKPTemplateManager.inc.php line 347 Function: PKPTemplateManager->fetch("article/article.tpl", Null, Null, True) File: /home/uhs/public_html/e-journal/pages/article/ArticleHandler.inc.php line 224 Function: PKPTemplateManager->display("article/article.tpl") File: (unknown) line (unknown) Function: ArticleHandler->view(Array(1), Object(Request)) File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/classes/core/PKPRouter.inc.php line 362 Function: call_user_func(Array(2), Array(1), Object(Request)) File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/classes/core/PKPPageRouter.inc.php line 220 Function: PKPRouter->_authorizeInitializeAndCallRequest(Array(2), Object(Request), Array(1), False) File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/classes/core/Dispatcher.inc.php line 134 Function: PKPPageRouter->route(Object(Request)) File: /home/uhs/public_html/e-journal/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php line 178 Function: Dispatcher->dispatch(Object(Request)) File: /home/uhs/public_html/e-journal/index.php line 66 Function: PKPApplication->execute() Server info: OS: Linux PHP Version: 5.6.30 Apache Version: N/A DB Driver: mysql DB server version: 5.5.54
Copyright (c) " />

EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM DAN MOTIVASI BERPRESTASI DALAM BELAJAR SISWA MA NW PANCOR

Suhartiwi Suhartiwi

Abstract


Rendahya Self Esteem siswa berdampak pada motivasi berprestasi dalam belajar siswa, untuk itu self esteem dan motivasi berprestasi belajar siswa harus di tingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dalam meningkatkan self esteem dan motivasi berprestasi dalam belajar siswa. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah : (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara self esteem siswa sebelum dan sesudah diadakanya layanan bimbingan kelompok;(2)terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diadakan layanan bimbingan kelompok ;(3)terdapat perbedaan yang signifikan antara self esteem siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah di adakan layanan bimbingan kelompok;(4) )terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah di adakan layanan bimbingan kelompok Penelitian ini menggunakan metode eksperimen model desain pretest dan postest, subye penelitian 20 orang siswa MA NW Pancor. Instrumen yang digunakan untuk mengukur self esteem adalah inventori self esteem reliabelitas 0.81 dan untuk mengukur motivasi berprestasi adalah kuesioner dengan reliabelitas 0. 97. Teknik analis data digunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian secara umum adalah layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan self esteem dan motifasi berprestasi dalam belajar siswa.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.