EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM DAN MOTIVASI BERPRESTASI DALAM BELAJAR SISWA MA NW PANCOR

Authors

  • Suhartiwi Suhartiwi Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v9i1.52

Abstract

Rendahya Self Esteem siswa berdampak pada motivasi berprestasi dalam belajar siswa, untuk itu self esteem dan motivasi berprestasi belajar siswa harus di tingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dalam meningkatkan self esteem dan motivasi berprestasi dalam belajar siswa. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah : (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara self esteem siswa sebelum dan sesudah diadakanya layanan bimbingan kelompok;(2)terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diadakan layanan bimbingan kelompok ;(3)terdapat perbedaan yang signifikan antara self esteem siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah di adakan layanan bimbingan kelompok;(4) )terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah di adakan layanan bimbingan kelompok Penelitian ini menggunakan metode eksperimen model desain pretest dan postest, subye penelitian 20 orang siswa MA NW Pancor. Instrumen yang digunakan untuk mengukur self esteem adalah inventori self esteem reliabelitas 0.81 dan untuk mengukur motivasi berprestasi adalah kuesioner dengan reliabelitas 0. 97. Teknik analis data digunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian secara umum adalah layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan self esteem dan motifasi berprestasi dalam belajar siswa.

Published

2014-06-02

Issue

Section

Artikel