PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN BK DI SMPN 1 TERARA

Deni Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi siswa terhadap BK ditinjau dari pemberian layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Terara. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan regresi ganda dan analisis korelasi.

Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang menyatakan “ terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap BK ditinjau dari pemberian layanan bimbingan dan konseling siswa SMP N 1 Terara” diterima dengan nilai R hitung = 3,088 dengan R tabel = 0,334. Hal ini membuktikan semakin tinggi tingkat pemberian layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa, maka semakin besar pula tingkat persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling. Penelitian ini mengisyaratkan bahwa tingkat persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling sangat ditentukan oleh tingkat layanan bimbingan dan konseling. Kemampuan guru BK mempengaruhi dan menggerakkan psikologi siswa di sekolah mutlak diperlukan.  

Berdasarkan hasil penelitian  dan pendukung penelitian diatas, jelaslah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap BK ditinjau dari pemberian layanan BK siswa SMP N 1 Terara

 Kata kunci : Pemberian Layanan BK  dan  Persepsi Siswa Tentang BK


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.