PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DRILL AND PRACTICE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER : ANALISIS KEBUTUHAN DI SMA/MA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Padlurrahman Padlurrahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan paket pembelajaran bahasa Indonesia berbasis drill and practice melalui model PBK di SMA/MA kabupaten Lombok Timur. Paket pembelajaran ini terdiri atas pengembangan silabus, RPP, skenario pembelajaran, bahan ajar, dan instrumen penilaian. Desain pengembangan paket pembelajaran ini dimulai dari need assessment dan penyusunan draf paket pembelajaran. Target yang diinginkan pada penelitian ini adalah tersusunnya draf paket pembelajaran bahasa Indonesia berbasis drill and practice melalui model PBK untuk SMA/MA berdasarkan pada hasil analisis kebutuhan.

Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan yang diawali dengan need assessment. Subjek penelitian terdiri atas  13 orang guru Bahasa Indonesia, 13 kepala SMA/MA, dan 68 orang siswa di kabupaten Lombok Timur. Subjek ini dipilih secara acak sederhana. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, lembar observasi dan pedoman wawancara. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan teknik análisis komponensial yakni menganalisis komponen-komponen yang terkait dengan kebutuhan paket pembelajaran.

Hasil análisis kebutuhan menunjukkan bahwa 1) Guru bahasa Indonesia di  SMA/MA di kabupaten Lombok Timur telah menyediakan seluruh paket pembelajaran dengan rincian 70% guru menyusun sendiri perangkat dimaksud dan 30% guru mata pelajaran menyusunnya secara bersama-sama; 2) 90% bahan ajar yang tersedia di SMA/MA di kabupaten Lombok Timur  disusun oleh penerbit  dan terdiri atas 3 jenis yaitu  buku pegangan guru, pegangan siswa; dan penunjuang; 3) Pembelajaran berbasis drill and practice model PBK belum pernah dilakukan, dimana komputer hanya dijadikan sebagai media presentasi saja; 4) Sarana pendukung pembelajaran terdiri atas laboratorium komputer/multimedia, laboratorium bahasa, dan perpustakaan; 5) pembelajaran bahasa Indonesia memiliki karakteristik, antara lain : a) materi pembelajaran sebagian besar berisi domain keterampilan; b) pembelajaran mengacu kepada unsur latihan dan praktek, dan c) pembelajaran dilakukan melalui pembiasaan; dan 6) Paket pembelajaran yang dikembangkan didasarkan pada prinsip pembelajaran drill and practice berbantuan komputer program macromedia flash MX dan director MX.

 Kata kunci: Paket Pembelajaran, Drill and Practice, Pembelajaran Berbantuan Komputer


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.