Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045

Authors

  • Shyntia Egistiani STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Devi Vionitta Wibowo STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Afif Nurseha STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Tita Kurnia STAI Riyadhul Jannah Subang

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.6859

Keywords:

Education, Generation, Indonesia, Strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tentang persiapan guru dalam mengadapi era society 5.0, dimana guru di haruskan untuk menjadi pengajar yang cukup bagus untuk mewujudkan harapan Indonesia emas 2045 dan harus memiliki strategi yang cukup baik dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa di SDN Sanca 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara kepada kepala sekolah serta beberapa guru yang ada, dan pengambilan dokumentasi berupa foto untuk pengumpulan datanya. Adapun hasil dari temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi dalam mendidik anak menuju Indonesia emas di SDN Sanca 3 itu dengan cara memperbaiki dulu keprofesionalan guru tersebut, agar anak bisa melihat contoh yang baik. Ad   apun untuk pembelajaran akademik dan karakter, guru memberikan pengajaran yang cukup menarik dan menikuti zaman agar sesuai dengan kurikulum merdeka belajar dan bekerja sama dengan salah satu pondok pesantren. Selain itu di SDN Sanca 3 menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini agar bisa menjadi  lulusan yang berpengetahuan luas, berkarakter, terampil, dan berdaya saing global.

References

A.M. Wibowo, Fakhruddin, Achmad Rifai, T. P. (2019). Model Peningkatan Sumber Daya Pendidik Pada Madrasah Ibtidaiyah Inklusi Menghadapi Era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 910–916.

Aini, S. Q. (2015). Kenakalan Remaja Awal Di Lingkungan Sekolah Karena Merantau Delinquency on Early Adolescent in the Schools Reviewed From the Absence of Parents. Jurnal Litbang, 143–150.

Akhyar, Y., & Fitri, E. M. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMP. JURNAL AL-MUTHARAHAH: JURNAL PENELITIAN DAN KAJIAN SOSIAL KEAGAMAAN, 19(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.472

Ansori, Y. Z. (2022). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2022(6), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200

Baroya, E. H. (2018). Strategi pembelajaran abad 21. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 101–115.

Damayanti, R., Sumantri, S., Dhieni, N., & Karnadi. (2022). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 6(2), 960–976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1602

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran Guru Dalam Pendidikan Moral dan Karakter. Jurnal Education and Development, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i2.3671

Fuentes, M. M. M. (2017). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1(September), 1–14.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170–178.

Jasmisari, M., & Herdiansah, A. G. (2022). Kenakalan Remaja Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Di Bandung: Studi Pendahuluan. Aliansi : Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24198/aliansi.v0i0.41940

Manik, J. S. (2022). Peran Guru dalam Menjaga E-Safety Peserta Didik di Era Teknologi Digital di Indonesia. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3085

Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN. Medan: Perdana Publishing.

Pembelajaran, M., Dalam, B., Revolusi, M., Society, D. M., Utami, S., & Pd, M. (2019). KEYNOTE SPEAKER 3. 3–6.

PRAHARA, H. (n.d.). Mendikbud Ungkap 3 Ciri Guru Profesional. Kilas Kementrian. https://kilaskementerian.kompas.com/ditjen-gtk-kemdikbud/read/2018/10/02/13264651/mendikbud-ungkap-3-ciri-guru-profesional#

Purba, G. H., & Bety, C. F. (2022). Menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045 Melalui Pendidikan Karakter Berbasis ISEQ. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3642

Ramadan, D., Yulianti, I., Rizal, M. I., & Ikhsanudin, I. (2022). Vocational Education National Seminar ( VENS ) Pendidikan era cybergogy : Bagaimana strategi guru profesional untuk menghadapinya ? 71–76.

Rojko A. (2017). NoIndustri4.0 Concept: Background and Overview. ECPE European Center for Power Electronics e.V Title. 11.

Royani, I. (2020). Prosiding Seminar Nasional Penididkan Program Pascasarjana Dalam Revolusi Industri 5.0. Peningkatan kompetensi guru menuju era revolusi industri 5.0, 449–456.

Seminar, P., Pendidikan, N., Pascasarjana, P., & Pgri, U. (2019). 2549-3810-1-Pb. 382–397.

Sulaiman. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645

Supandi, S. (2019). Perenan Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Anak Di Madrasah Tsanawiyah Nasyrul Ulum Pamekasan. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 6(1), 60–71. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.60-71

Suwandi, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad Ke-21 Dan Tantangannya Untuk Berperan Dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI, 15(1), 1–15.

Syaifullah, A., & Prasetyo, I. A. (2018). Pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Inovasi, 14(1), 1. https://doi.org/10.29264/jinv.v14i1.1927

Utomo. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENUJU INDONESIA EMAS TAHUN 2045. Abuddin Nata. http://abuddin.lec.uinjkt.ac.id/articles/model-pembelajaran-yang-dibutuhkan-untuk-menuju-indonesia-emas-tahun-2045#

Wena, I. M. (2020). Pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) di era revolusi industri 4.0 untuk mewujudkan generasi indonesia emas 2045. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA), 15–25. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/892

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118

Yusantika, F. D. (2021). Penanaman Jiwa Entrepreneur Pada Siswa SD di Era Revolusi. Journal of Islamic Education at Education School, 2(1), 34–45. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/%0A34

Published

2023-02-14

How to Cite

Egistiani, S., Wibowo, D. V., Nurseha, A., & Kurnia, T. (2023). Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045. Educatio, 17(2), 141–152. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.6859