PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS X.IPA SMA NEGERI 1 TERARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sarwati Sarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi dan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa Kelas X.IPA SMA Negeri 1 Terara Tahun Pembelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.IPA SMA Negeri 1 Terara yang berjumlah 4 kelas yakni kelas X.IPA 1, X.IPA 2, X.IPA 3 dan X.IPA 4. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan simple random sampling, dan yang terpilih sebagai sampel adalah kelas X.IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X.IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan uji F melalui Manova dengan bantuan SPSS –16 for Windows.
Setelah analisis data dengan uji F melalui manova didapatkan harga F dengan nilai sig lebih besar dari 0,05, yaitu 0,061 untuk angka sig kemampuan memecahkan masalah dan 0,909 untuk angka sig motivasi belajar siswa. Selain itu harga Fhitung < Ftabel, yang berarti Ho diterima. Harga Fhitung kemampuan memecahkan masalah yaitu 3,620 lebih kecil dari Ftabel = 4,00 (dk1 = 1 dan dk2 = 78). Sedangkan Fhitung motivasi belajar siswa yaitu 0,013 lebih kecil dari Ftabel = 4,00 (dk1 = 1 dan dk2 = 78). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis di atas, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi dan kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas X.IPA SMA Negeri 1 Terara tahun pembelajaran 2013/2014. Implikasi penelitian ini, yakni perlunya penyiapan permasalahan yang autentik, peranan guru sebagai fasilitator, penyiapan bahan penilaian yang autentik, dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan yang menunjang pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, dan Kemampuan Memecahkan Masalah.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.