MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PROBLEM BASED

Shahibul Ahyan, Neny Indriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan problem based learning dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada mata kuliah Geometri Transformasi semester IV A tahun akademik 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Adapun teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dari data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata kemampuan komunikasi matematis mahasiswa siklus pertama 61 meningkat menjadi 72 pada siklus kedua. Oleh karena itu, Kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis mahasiswa pada mata kuliah Geometri Transformasi dapat ditingkatkan dengan menggunakan Problem Based Learning. Keywords: Komunikasi matematis, problem based learning, penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.