Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Authors

  • Dina Wilda Sholikha universitas muhammadiyah sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9437

Keywords:

Education, parenting style, skill psikologi, golden prenting.

Abstract

Pola asuh adalah perilaku yang secara mendasar berkaitan dengan kondisi yang berhubungan dengan sikap hangat, peka, reseptif, timbal balik, pengertian dan tanggapan yang tepat terhadap kebutuhan anak. Maka dari itu keluarga memiliki peran penting dalam pengasuhan terhadap anak agar dapat membantu pertumbuhan yang baik. Dari banyaknya keluarga yang terbentuk, terdapat tipe-tipe pola asuh yang bermacam-macam: 1.) Pola asuh demokratis; memberikan anak kepercayaan diri dan kebebasan, dengan pergaulan dan kebiasaan positif. 2.) Pola asuh permisif; memiliki ciri kurangnya perhatian dan dorongan orang tua. 3.) Pola asuh otoritatif; memiliki aturan ketat dan pendidikan berorientasi pada nilai moral dan sosial. 4.) Pola asuh penelantaran yaitu pola asuh, penelantaran anak dan tidak terlibat sama sekali dengan anak. Orang tua harus berpartisipasi aktif dalam pendidikan anak, memiliki hubungan hangat, dan positif dengan anak. Adapun metode yang cukup efektif untuk mencetak anak yang unggul yakni Metode pengajaran emas yan berkaitan dengan pembiasaan perilaku baik dan mengenali potensi anak. Metode tersebut dapat mengimbangi kesehatan mental pada anak, karena Kesehatan mental merupakan bagian penting perkembangan anak dan harus diperhatikan sejak usia dini. Kesehatan mental yang baik membantu membangun hubungan positif dan merasa tenang. Pola asuh dan perhatian terhadap kesehatan mental juga dapat membantu perkembangan anak dan generasi penerus bangsa.

References

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). TIPE-TIPE POLA ASUH DALAM PENDIDIKAN KELUARGA. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23. https://doi.org/10.24176/RE.V11I1.4223

Kapalamada, ultidisipliner, DAN TAHAPAN PEMBENTUKAN PROGRAM PARENTING Lasmini, K., Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Febrienitha Putri, Y. (2022). KONSEP DAN TAHAPAN PEMBENTUKAN PROGRAM PARENTING. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02 Juni), 275–280. http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/184

Khaira, K. (2016). Proceeding International Seminar on Education 2016 Faculty of Tarbiyah and Teacher Training MELAHIRKAN GOLDEN GENERATION MELALUI GOLDEN PARENTING. IAIN BAITUSANGKAR, 1–8.

muttaqien, muhammad ali. (2015). Parenting sebagai pilar utama pendidikan anak dalam perspektif pendidikan Islam. 1–75. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4694

Oktariani, O. (2021). Dampak Toxic Parents dalam Kesehatan Mental Anak. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 2(3), 215–222. https://doi.org/10.51849/J-P3K.V2I3.107

Program Pascasarjana, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.19109/INTELEKTUALITA.V5I1.720

Sa’adah, U., & Sa’adah, U. (2017a). Parenting Skills Orangtua dan Kesejahteraan Psikologis Anak. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 14(2), 5–15. https://doi.org/10.18860/psi.v14i2.6504

Sa’adah, U., & Sa’adah, U. (2017b). Parenting Skills Orangtua dan Kesejahteraan Psikologis Anak. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 14(2), 5–15. https://doi.org/10.18860/psi.v14i2.6504

SUGIYONO. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITITATIF, DAN R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Alfabeta.

Widya, P., Pendidikan, J., & Qadafi, M. (2019a). MENUMBUHKAN KESADARAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORALANAK USIA DINI MELALUI PARENTING EDUCATION. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 4(1), 57–56. https://doi.org/10.25078/PW.V4I1.1069

Widya, P., Pendidikan, J., & Qadafi, M. (2019b). MENUMBUHKAN KESADARAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORALANAK USIA DINI MELALUI PARENTING EDUCATION. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 4(1), 57–56. https://doi.org/10.25078/PW.V4I1.1069

widya, rika. (2020). HOLISTIK PARENTING: Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam - Rika Widya, S.Psi., M.Psi, Bachtiar Siregar, S.Pd.I., M.Pd, Salma Rozana, S.Pd , M.Pd - Google Buku. Edu Publisher. Tasikmalaya, Jawa Barat. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=2Jj_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=fungsi+parenting+terhadap+anak&ots=0aEc38wClp&sig=2av7JzVKPutkITA01hPlchUIr60&redir_esc=y#v=onepage&q=fungsi%20parenting%20terhadap%20anak&f=false

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Sholikha, D. W. (2023). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio, 17(2), 178–191. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9437