Pembelajaran Yang Asyik Tanpa Mengusik: Paradigma Baru dalam Pembelajaran Abad 21

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9471

Keywords:

Belajar dan pembelajaran, psikologi pendidikan, kesehatan mental

Abstract

Pembelajaran di dalam ruang kelas sejatinya harus menjadi aktivitas dan kegiatan yang menyenangkan dengan suasana yang saling menghormati dan menghargai antara satu dengan yang lainnya baik pengajar ataupun peserta didik itu sendiri. Namun sangat disayangkan bahwa saat ini dunia pendidikan telah banyak mengalami pergeseran. Pengajar yang seharusnya melindungi peserta didik malah melakukan tindakan yang sebaliknya. Peserta didik yang seharusnya bisa saling bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sama malah saling menyakiti dan menjatuhkan. Lebih mirisnya lagi, pendidik yang harusnya menggantikan peran orang tua malah menjadi pelaku kekerasan. Perilaku-perilaku tersebut tidak hanya menjatuhkan secara fisik namun banyak juga yang menyakiti dan melukai psikis/mental peserta didik lain. Hal ini sudah selayaknya menjadi perhatian serius dari semua pihak guna keberhasilan pendidikan di Indonesia. Selanjutnya, bagaimana peran pihak-pihak terkait terhadap permasalahan pendidikan ini guna menciptakan pembelajaran yang asyik tanpa mengusik? Artikel ini akan memberikan jawabannya.

References

Abdurrahman, Z. (2020). Teori Maqasid Al-Syatibi dan Kaitannya dengan Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Abraham Maslow. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam. 22(1).

Aini, D.F.N. (2018). Self Esteem pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 6(1). 36-46.

Arif, F. & Sri, W. (2017). Hubungan Kelekatan pada Ibu, Ayah dan Teman Sebaya dengan Kecendrungan Anak Menjadi Pelaku dan Korban Bullying. Jurnal Psikologi Ulayat. 4(2). 122-140.

Arofa, I.A., Hudaniah & Zulfiana, U. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 6(1). 74-92.

Dewi, P.Y.A. (2020). Perilaku School Bullying pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 1(1). 39-48.

Febriana, T.F., & Diana, R. (2021). Gambaran Penerimaan Diri Korban Bullying. Jurnal Penelitian Psikologi. 8(5).

Herliani, Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Lakeisha.

Ikhsan, M.Z. & Eska, P.P. (2020). Sosialisasi Pendidikan Stop Aksi Bullying. Jurnal Program Mahasiswa Kreatif. 4(1). 1-4.

Leighton, S., & Dogra, N. (2009). Defining mental health and mental illness.

Muhopilah, P., & Fatwa, T. (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan. 1(2). 99-107.

Riana, F. (2021). Deretan Kasus Pelecehan Seksual di Kampus. https://nasional.tempo.co/read/1537859/deretan-kasus-dugaan-pelecehan-seksual-di-kampus, diakses pada 19 Januari 2023 pukul 16.23

Salmi, Rezki, H. & Afdal. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling 8(2). 88-99.

Sari, Y.P. & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatra Barat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. 10(2). 333-367.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Simamora, M & Prasetyo, W. (2022). Bullying Hingga Kekerasan Seksual jadi Catatan Kelam di Sekolah pada 2022. https://kumparan.com/kumparannews/bullying-hingga-kekerasan-seksual-jadi-catatan-kelam-di-sekolah-pada-2022-1zYjRZ897nj/full, diakses pada 20 Januari 2023 pukul 16.17

Sugiyatno. (2010). Kekerasan di Sekolah Bagian Masalah Pendidikan Sosial-Emosional. Paradigma, V(9).

Suralaga, F. (2021). PSIKOLOGI PENDIDIKAN Implikasi dalam Pembelajaran (1 ed.). Rajawali Pers.

Tirmidziani, A., Nur, S.F., dkk. (2018). Upaya Menghindari Bullying pada Anak Usia Dini Melalui Parenting. Jurnal Pendidikan Early Childhood. 2(1). 1-8.

Utami, D. P. (2012). JURNAL MEDIA MEDIKA MUDA.

Wahab, M., Eko, S., & Leni, S. (2017). Strategi Coping korbang Bullying. Jurnal Tarbawi. 13(02). 21-32

Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. 2, 9.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21 SEBAGAI TUNTUTAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA GLOBAL. 1, 16.

Yati, D., & Riyadi, S. (2020). Pendidikan Kesehatan dan Pemeriksaan DDST II dalam Upaya Mencegah Bullying serta Pemantauan Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Community Empowerment. 5(2). 36-40.

Zahra, Q. &Yumna. (2021). Pemberdayaan Serta Peningkatan Self Awareness terhadap Kesehatan pada Masyarakat Teluk Buyung Kaler RT 03. Jurnal Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 1(16). 54-71.

Zakiyah, E.Z., Humaedi, S., & Santoso, M.B. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM. 4(2). 129-389.

Zakiyah, E.Z., Muhammad, F., & Gutama, A.S. (2018). Dampak Bullying pada Tugas Perkembangan Remaja Korban Bullying. Jurnal Pekerjaan Sosial. 1(3). 265-279.

Published

2023-02-15

How to Cite

Wahyuni, T., & Muslim, A. A. (2023). Pembelajaran Yang Asyik Tanpa Mengusik: Paradigma Baru dalam Pembelajaran Abad 21. Educatio, 17(2), 192–203. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9471